Arsip Blog

Minggu, 01 Mei 2011

Timnas Indonesia Tampil di Yunani

LONDON, Kompas.com - Tim Nasional Anggar Indonesia mengikuti kejuaraan anggar internasional "FIE Fencing World Cup" - The 22nd Coupe Acropolis 2011 - yang diikut 194 atlet  dari 32 negara di Kompleks Olympic Stadium (OAKA) Athena, Yunani.
Pelatih Timnas Lucky Ramdhani dari Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) menyebutkan bahwa tim anggar Indonesia bertanding pada kategori Men’s Saber atau Sabel Individu yang dikhususkan untuk atlet pria, ujar Sekretaris pertama KBRI Athena Jani Sasanti dalam keterangannya kepada Antara London, Sabtu (30/4/11).
Kejuaraan anggar dunia itu merupakan arena pertandingan anggar di bawah naungan Federasi Anggar Internasional (Federation Internationale d’Escrime/FIE). Kegiatan itu diadakan selama tiga hari dengan mempertandingkan dua kategori, Men’s Saber dan Men’s Team Saber.
Dubes RI untuk Yunani Ahmad Rusdi menilai, keikutsertaan Indonesia dalam pertandingan ini merupakan langkah maju bagi atlet Indonesia untuk mempersiapkan pertandingan anggar dalam SEA Games 2011 mendatang, dengan harapan dapat merebut juara sesuai dengan kelasnya.
Kehadiran timnas membawa nama bangsa dan negara yang semakin tangguh bukan saja keberhasilan Indonesia dalam pembangunan ekonomi dan stabilitas sosial, politik dan kerukunan hidup umat agama, namun juga berpartisipasi dalam berbagai kancah sosial budaya termasuk olahraga.
Menurut Dubes, keikutsertaan Timnas Indonesia merupakan wujud nyata dalam membawa nama bangsa dan negara, serta dapat meningkatkan pembinaan dan prestasi melalui partisipasi Tim Nasional dalam berbagai lomba di tingkat internasional.
Kehadiran atlet Indonesia disambut sangat panitia penyelenggara di Athena yang sering menjadi tuan rumah dalam berbagai kejuaraan internasional antara lain 4th European Cadet Championship untuk atlit di bawah 17 tahun yang diikuti oleh 38 negara.
Tim Anggar Indonesia terdiri atas  Ruli Mauliadhani, Idon Jaya Wiguna, Hendri Eko Budianto, Ade Indra Ansori, Widi Dwi Anggoro, dan Jamaluddin, beserta dua orang pelatih yaitu Lucky Ramdhani dan Vasyl Kalinskky, pelatih asal Ukraina yang pernah menyabet gelar juara dunia kategori junior.
Keikutsertaan atlet Indonesia pada Acropolis Coupe ke-22 di Athena, merupakan uji coba bagi atlet anggar Indonesia yang kini tengah mengikuti Training Camp di Kyiv, Ukraina, merupakan kerja sama Federasi Anggar Ukraina (Ukranian Fencing Federation) dan IKASI.
Sebelum mengikuti training Camp di Kyiv, Tim Anggar Indonesia mengikuti Pemusatan Latihan Nasional yang diadakan KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia selama enam bulan untuk persiapan Kontingen Indonesia yang akan menjadi tuan rumah SEA Games XXVI 2011 di Palembang dan Jakarta, November 2011.
Selain mengikuti kejuaraan Anggar di Athena, Tim Anggar Indonesia juga akan bertanding pada Men’s Grand Prix Fencing World Cup Villa de Madrid di Madrid pada tanggal 11-15 Mei dan Fencing Training Camp di Jerman dalam waktu dekat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...