Arsip Blog

Rabu, 11 Mei 2011

Sail Wakatobi-Belitong Digelar Agustus dan Oktober

JAKARTA (Suara Karya): Puncak kegiatan Sail Wakatobi-Belitong ( SWB) 2011 akan digelar masing-masing pada Agustus dan Oktober 2011. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau Wakil Presiden Boediono diharapkan akan hadir pada acara puncak tersebut.

Usai memimpin rakor tingkat menteri membahas persiapan Sail Wakatobi-Belitong, Menko Kesra HR Agung Laksono kepada wartawan di Kemenko Kesra, Selasa (10/5), mengemukakan, tujuan dari kedua kegiatan bersifat internasional tersebut antara lain untuk menunjang kehidupan perekonomian, mengembangkan kepariwisataan, dan bakti sosial.
Rakor ini telah menyepakati untuk menggunakan clean ocean for the future sebagai tema tahun ini. Ada enam kegiatan utama yang akan dilakukan yaitu: lomba kapal pesiar, operasi Bhakti Surya Baskara Jaya dan ICM, seminar nasional dan internasional, lintas Nusantara remaja dan pemuda bahari, pameran produk makanan dan ikan, dan puncak acara di Belitong dan Wakatobi.
Menurut Menko Kesra menengok kegiatan Sail Banda 2010, ternyata bakti sosial berhasil memberikan pelayanan kesehatan kepada sekitar 43 ribu orang. "Dari pelayanan ringan hingga yang memerlukan fasilitas untuk operasi," katanya.
KapaL Rumah Sakit milik TNI AL KRI dr Soeharso akan merupakan fasilitas pendukung utama kegiatan bakti sosial tersebut. Kemungkinan besar kapal-kapal dari negera sahabat yang dijadikan rumah sakit terapung juga akan ambil bagian dalam kegiatan bakti sosial ini, katanya.
Seperti halnya Sail Banda 2010, pada Sail Wakatobi-Belitong 2011 juga akan digelar sejumlah seminar serta pengiriman ke kedua lokasi tersebut masing-masing 400 pemuda. "Di kapal mereka akan kita berikan pendidikan dengan inti bentuk karakter bangsa," kata Agung Laksono.

Pernikahan Massal

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, selaku Ketua Panitia Pelaksana mengemukakan, yang manarik dari kegiatan tersebut di Wakatobi akan digelar pernikahan massal bagi suku Bajau di laut. Sementara di Belitung, ada batu berbentuk burung Garuda. "Ini asli, bukan rekayasa," katanya.
Ditambahkan, puluhan yacht dari Australia akan berlayar ke Wakatobi, sementara yangn dari Singapura akan berlayar menuju Belitung. Sementara itu, pelaksanaan flag off sendiri sebagai awal pelaksanaan pameran kapal pesiar akan dilakukan di Darwin pada 23 Juli 2011.
Dalam 1-2 hari mendatang, panitia akan berkumpul di Singapura untuk membahas keikutsertaan negara-negara ASEAN dan negara-negara sahabat lainnya. "Tanggal 3 Juni nanti Menko Kesra akan melaunching kegiatan ini di Jakarta," tuturnya.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan kementerian terkait sedang menargetkan untuk menjaring sekitar 200 perserta pada Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011. (Singgih BS/Bayu)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...