Arsip Blog

Selasa, 24 Mei 2011

Ilmuwan Indonesia Jadi Anggota Pencari Fakta PLTN Fukushima

Metrotvnews.com, London: Seorang pakar Indonesia di bidang tanggap darurat nuklir dan perlindungan radiasi, Dedik Eko Sumargo, dipilih Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) untuk bergabung dengan Misi Internasional Pencari Fakta ke PLTN Fukushima, Jepang. Misi itu terdiri atas 20 pakar nuklir terpilih dunia di bidang tanggap darurat nuklir.

Berita ini disampaikan Sekretaris Tiga KBRI/Perwakilan Tetap RI Wina, Austria, Luna Amanda Sidqi dalam keterangan persnya di London, Selasa (24/5). Luna Amanda Sidqi menjelaskan misi tersebut dilepas pimpinan IAEA di Wina, dan akan melaksanakan tugasnya mulai tanggal 24 Mei hingga 2 Juni mendatang.

Tugas utama misi tersebut adalah melakukan penilaian awal mengenai aspek keselamatan nuklir di PLTN Fukushima Dai-ichi yang mengalami masalah setelah diguncang gempa dan tsunami pada tanggal 11 Maret 2011. Hasil penilaian akan dilaporkan kepada Dewan Gubernur IAEA tanggal 6 Juni pada Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Keselamatan Nuklir yang akan berlangsung di Wina, 20-24 Juni 2011.

Dedik Eko Sumargo adalah salah satu dari empat orang pakar Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada IAEA dan Pemerintah Jepang untuk membantu penanganan situasi di Jepang.

Dedik Eko Sumargo memiliki pengalaman selama 21 tahun di bidang perlindungan radiasi dan 12 tahun di bidang emergency response selama ini aktif dalam berbagai aktivitas ilmiah terkait kedua isu tersebut yang diselenggarakan IAEA dan diakui kemampuan oleh IAEA selama ini.(Ant/DOR)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...