Arsip Blog

Selasa, 31 Mei 2011

Indonesia Mampu Produksi Kabel Optik Standar Internasional

JAKARTA - Indonesia kini sudah mampu memproduksi kabel optik dasar laut dengan standar internasional, terbukti dengan dikeluarkannya sertifikat oleh Universal Joint Consortium (UJC) untuk PT Communication Cable Systems Indonesia (CCSI).

CCSI, selaku perusahaan pembuat kabel fiber optik lokal baru saja mendapatkan sertifikasi internasional dari UJC, sebuah perusahaan konsorsium yang berwenang menetapkan standarisasi sistem kabel bawah laut, karena kabel optik dasar laut produksi mereka telah terbukti berhasil mampu beroperasi sampai kedalaman 1500 meter di bawah permukaan laut.

"Sertifikasi yang dikeluarkan oleh UJC untuk kami adalah sebuah bukti nyata bahwa Indonesia sudah mampu memproduksi kabel laut dengan standar mutu internasional," ujar Peter Djatmiko, Direktur Utama PT. CCSI, di Jakarta, Senin (30/5/2011).

Peter mengatakan bahwa hal yang membanggakan dari kabel optik dasar laut produksi CCSI adalah cukup besarnya konten lokal yang terkandung di dalamnya.

"Untuk kabel optik dasar laut Single Armoured memiliki konten lokal sebesar 41,48 persen, sementara kabel optik dasar laut Double Armoured memiliki konten lokal sebesar 45,10 persen," jelas Julian Sudarno, Direktur Sales & Marketing, PT. CCSI.

Peter menyatakan bahwa Indonesia yang merupakan negara kepulauan sudah sepatutnya memiliki penyedia kabel optik dasar laut produksi dalam negeri. "Investasi dari CCSI sendiri untuk kabel optik dasar laut sampai sebesar USD300 juta," jelasnya.

Produksi kabel optik dasar laut CCSI sudah pernah diekspor ke Selandia Baru sekira 12 tahun yang lalu. "Sampai sekarang kondisinya pun masih bagus," ungkap Peter.

CCSI mengatakan minatnya untuk terlibat dalam Palapa Ring dan proyek kabel telekomunikasi bawah laut oleh PT. Telkom. "Melalui sertifikasi internasional yang baru kami dapat, diharapkan CCSI dapat bergabung di proyek-proyek tersebut," harap Peter.

Peter menerangkan bahwa sebelumnya kabel optik dasar laut CCSI sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan macam Caltex, Total Indonesia, dan Amerada Heiss.

CCSI yang beroperasi sejak tahun 1996 ini memproduksi dua jenis kabel optik, yakni kabel optik darat dan kabel optik dasar laut.

"Untuk tahun depan kami berharap bisa terus mengekspansi jaringan kabel kami hingga 500 ribu fiber kilometer dari yang tahun ini masih sebesar 300 ribu fiber kilometer," kata Peter.
(ATA)
 
source  : http://techno.okezone.com/read/2011/05/30/54/462578/indonesia-mampu-produksi-kabel-optik-standar-internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...