Arsip Blog

Sabtu, 14 Mei 2011

Indonesia Siap jadi Host Pertemuan Tingkat Menteri GNB

JAKARTA - Akhir bulan ini, Indonesia menjadi host (tuan rumah) Pertemuan Tingkat Menteri Gerakan Non-Blok (GNB) ke-16, tepatnya pada 23 hingga 27 Mei mendatang di Bali. Pertemuan yang akan diikuti oleh 118 negara tersebut akan bertemakan "Kontribusi GNB 50 Tahun ke Depan".

Kepada wartawan, Jumat (13/5), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) Michael Tene menyebutkan bahwa dalam pertemuan itu, semua anggota GNB nantinya akan mengindentifikasi tantangan organisasi ini ke depannya. Antara lain misalnya masalah krisis energi, perubahan iklim dan krisis moneter, serta berbagai bentuk tantangan lain.

Namun Tene juga menyebutkan, bahwa kesepakatan dari konferensi tingkat menteri ini nantinya tidak akan mengikat para anggota. "Hasil yang diperoleh dari pertemuan GNB ini, nantinya akan mencerminkan kepentingan anggota," jelasnya, sambil menambahkan bahwa KTT GNB berikutnya akan berlangsung di Iran.

Sementara itu, Tene pun menyebut bahwa Fiji dan Azerbaijan dipastikan akan menjadi anggota baru dari negara-negara GNB. "Ya, akan ada dua anggota baru di Gerakan Non-Blok, yakni Fiji dan Azerbaijan. Ini (keanggotaan mereka) akan dikuatkan dalam pertemuan tingkat menteri mendatang," ungkapnya pula. (ito/jpnn)


source: http://www.jpnn.com/read/2011/05/13/91908/Indonesia-Siap-jadi-Host-Pertemuan-Tingkat-Menteri-GNB-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...