Arsip Blog

Jumat, 27 Mei 2011

Industri Kreatif RI Dipromosikan Sampai Inggris

JAKARTA - Kementerian Perdagangan melakukan langkah promosi besar-besaran terhadap industri kreatif Indonesia sampai ke Harrods Department Store di Inggris pada 31 Juli-27 Agustus mendatang.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari langkah promosi dan pengembangan national building dalam mengenalkan industri kreatif Indonesia di mancanegara,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Hesti Indah Kresnarini, saat konferensi pers, di Jakarta, Jumat (27/5/2011).

Ketika ditanya mengenai alasan mengapa memilih Harrods sebagai tempat berpromosi, ia menyatakan bahwa tahun lalu pihaknya sudah melakukan hal yang sama dan mendapatkan respons yang cukup besar dari pengunjung.

“Tahun lalu kita sudah lakukan penjajagan, dan responsnya besar sekali. Tahun ini kita akan bawa batik, keris, dan berbagai produk hasil industri kreatif kita untuk dijual di sana Haroods itu tempat wisatawan dari seluruh Inggris, bahkan Eropa lho ya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa pasar yang dibidik di Harrods ini memang wisatawan kelas high end. Namun, bukan berarti pasar UKM dan menengah tidak dibidik. “Selain Harrods kami juga punya in store lain di London, Jepang, dan Korea kami juga lakukan promosi di mall-mall,” paparnya.

Sebagai informasi, industri kreatif terdiri dari 14 sektor. Kementerian Perdagangan sendiri mencatat di tahun lalu, dana yang digunakan untuk melakukan promosi dan pencitraaan sebesar Rp73 miliar dan jumlahnya menjadi Rp58 miliar tahun ini.

“Bukan karena turun, tetapi karena tahun lalu kita ikut Shanghai Expo di China yang menghabiskan Rp30 miliar. Tahun ini sudah enggak ada lagi, jadi anggaran promosi naik di tahun ini jadi Rp43 miliar,” tutupnya.
(ade)

source  :http://economy.okezone.com/read/2011/05/27/320/461818/industri-kreatif-ri-dipromosikan-sampai-inggris 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...