Arsip Blog

Minggu, 01 Mei 2011

Ini Dia Pasar Baru Pariwisata Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan dari negara-negara di kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah menjadi pasar baru bagi Indonesia. Apalagi kawasan ini memiliki jumlah penduduk yang besar.
"Kita lihat potensi cukup besar. Penduduk di kawasan ini ada sekitar 2 miliar orang," ujar Deputy Director Directorate of South and Central Asian Affairs Kemlu, Intiar Dekrit Bakhtiar kepada Kompas.com, di Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (30/4/2011).
Saat ditemui Kompas.com, Intiar mendampingi beberapa rombongan biro perjalanan wisata dan penulis wisata dari 7 negara di Asia Tengah dan Asia Selatan. Ia menuturkan fam trip tersebut merupakan program tahunan dari Direktorat Asia Tengah dan Selatan Kementerian Luar Negeri. "Kami mengundang tour operator dan travel writer dari Asia Tengah dan Asia Selatan ke destinasi baru untuk menarik pasar non-tradisional," ungkapnya. Pasar tradisional untuk Indonesia umumnya negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara ataupun Eropa.
Ia mengungkapkan potensi pasar di kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah cukup besar juga karena situasi ekonomi dan politik di negara-negara tersebut semakin membaik. Saat ekonomi membaik, lanjutnya, kunjungan pelesir ke luar negeri pun meningkat.
"Dari India saja ada 10 juta turis. Tapi yang ke Indonesia masih sangat sedikit. Mereka lebih banyak ke Eropa dan Amerika," ungkapnya.
Menurut Intiar, pihaknya membidik pasar negara-negara dekat Laut Kaspia. "Azerbaijan, Kazakhstan, Turkmenistan, ini negara kaya-kaya. Mereka menghasilkan minyak lebih besar daripada Saudia Arabia," katanya.
Peserta fam trip berasal dari negara  Pakistan, India, Iran, Sri Lanka, Azerbaijan, Kazakhstan, dan Uzbekistan. Mereka berada di Indonesia selama 8 hari. Pada program tahun ini, mereka mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan dan Jakarta. Salah satu objek wisata yang dikunjungi adalah Ancol Taman Impian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...