Arsip Blog

Jumat, 27 Mei 2011

Wow! Cadangan Devisa RI Naik Lagi Jadi US$ 116,5 Miliar

Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali mengungkapkan kenaikan cadangan devisa yang cukup besar. Dalam dua pekan cadangan devisa RI meningkat US$ 1 miliar, dari US$ 115,8 miliar per 6 Mei 2011 menjadi US$ 116,5 miliar per 20 Mei 2011.

"Cadangan devisa kita per 20 Mei 2011 itu US$ 116,5 miliar," ujar Gubernur BI Darmin Nasution ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (27/5/2011).

Menurut Darmin, faktor yang menyebabkan menggelembungnya cadangan devisa dikarenakan capital inflow yang cukup besar ke Indonesia. Hal ini, sambungnya mempengaruhi nilai tukar rupiah juga.

"Rupiah memang sempat kemarin ini kan ada banyak hal yang memengaruhi itu. Gunjang-ganjing Eropa, kecenderungan regional, dan macam-macam tetapi jangan terlalu terpengaruh dengan kejadian 1-2 hari," kata Darmin.

"Tendensinya masih sama. Tekanannya masih ke arah rupiahnya menguat walaupun mungkin tidak sekuat pada bulan-bulan lalu," imbuh mantan Dirjen Pajak ini.

BI sendiri, lanjut Darmin juga terus mewaspadai adanya pembalikkan alias sudden reversal dengan derasnya inflow yang saat ini masuk.

"Kita selalu mencoba mengikuti itu. Itu kan terjadi kalau nanti misalnya terjadi ada macam-macam sih kemungkinannya. Kalau ada krisis bagian dunia tertentu yang diperkirakan memengaruhi perekonomian dunia," tuturnya.

Kalau ekonomi Eropa, AS makin bagus, Darmin menambahkan ekonomi Asia tidak lebih bagus juga bisa terjadi. "Tetapi pada intinya tidak usah terlalu risau. kita sudah mempersiapkan untuk itu (sudden reversal)," tukasnya.

(dru/dnl)

source : http://www.detikfinance.com/read/2011/05/27/135044/1648552/5/wow-cadangan-devisa-ri-naik-lagi-jadi-us--1165-miliar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...