Arsip Blog

Selasa, 31 Mei 2011

Mahkota Miss Indonesia 2011 Siap Diperebutkan

Usai melaksanakan audisi di beberapa kota seperti Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung, Medan, Manado, dan Jakarta, serta masa karantina, Indonesia siap menyambut lahirnya Miss Indonesia 2011, Jumat (3/6) mendatang di Central Park Ballroom, Jakarta.
Sebanyak 33 finalis dari 33 provinsi siap memberikan yang terbaik di malam puncak penobatan Miss Indonesia 2011.Di sela-sela karantinanya, kemarin mereka mengadakan ko n f e re n s i pers dengan para wartawan di Hard Rock Cafe, Jakarta. Dalam temu wartawan,para finalis menceritakan tentang suka dukanya selama 7 hari dalam masa karantina.Finalis dari Jawa Barat, Nita Sofiani,mengatakan, rasa capek ada, tapi menyenangkan sekali.”Sebab, kami di sini punya keluarga baru.Walaupun ini kompetisi, kami saling mendukung sehingga kami pun bersaing secara sehat,”ujarnya.
Hal senada juga dikatakan Miss Papua Barat Amanda Roberta Zevannya. Dia mengaku awal masa karantina memang terasa berat.”Karena kami harus meninggalkan aktivitas kami yang lama. Tapi makin lama, kami saling beradaptasi dan semakin ringan,”paparnya. Lantas, apa yang menjadi kriteria Miss Indonesia 2011, setelah sebelumnya perwakilan Indonesia gagal mendapat gelar Miss World 2010? Founder sekaligus Ketua Dewan Juri Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo mengatakan, kriteria yang dinilai para juri adalah cara mereka bersikap, wawasannya, jiwa sosial, dan kepribadiannya.
”Artinya,seperti yang saya katakan sebelumnya, Miss Indonesia itu harus punya karakter MISS yaitu Manner.Kalau seorang Miss itu harus bisa me-manage dirinya sendiri, dalam arti sopan di publik. Dia harus bisa membawa diri dan membuktikan kalau dia Miss Indonesia. Jauh juga dari obat-obat terlarang. Lalu Impressive, kalau dia masuk ke dalam ruangan, orang bisa melihat dia, oh ini Miss Indonesia, bukan hanya cantik,tapi harus cantik juga dalamnya.
Jadi, dari luar dan dalam.Karena kalau luarnya cantik, tapi dalamnya tidak bagus, pasti auranya beda,”tuturnya kepada Harian Seputar Indonesia seusai acara Talent Show di Apartemen Belleza, belum lama ini. Selain itu,lanjut dia,Smart. ”Itu harus. Mereka harus punya wawasan yang luas,di mana mereka harus bisa presentIndonesia. Dan, mereka harus mengerti pengetahuan umum dan pengetahuan teknologi yang ada. Bisa komputer, yang hitechpaling tidak mereka harus bisa. Dan, sosial juga harus. Satu hal ini harus dimiliki karena setiap orang yang menjadi Miss Indonesia harus memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Jika ada yang kesusahan, dia harus bantu dan menyelami permasalahan tersebut. Jadi, bukan berarti dia harus di atas terus, tapi ke bawah juga,”katanya. Liliana juga mengatakan,seorang wanita akan terlihat lebih cantik apabila dapat me-nunjukkandirinya danmemilikiprinsip yang benar di dalam hidup. Selain itu,penilaian yang utama adalah dia bisa membawakan nama Indonesia secara positif. ”Kalau dia tidak bisa bahasa Inggris saja,bagaimana dia bisa present tentang Indonesia.
Maksudnya, MissIndonesiainijugaadalah Missyang bisa menjadi duta bagi Indonesia,”sebutnya. Untuk menunjang itu semua, Liliana menuturkan, ada beberapa persiapan yang dilakukan, seperti pembekalanpembekalan umum yang diberikan pada masa 10 hari karantina. Pembekalan tersebut mencakup pemberdayaan wanita, kunjungan ke Gubernur DKI Jakarta,dan masih banyak pembekalan lainnya. Sejauh ini pada masa karantina, para juri sudah melakukan penilaian dalam dua kompetisi yang diikuti setiap finalis, yakni sport competition dan talent show.
Dari dua kompetisi ini, nantinya finalis dibagi lagi menjadi 10 finalis. ”Untuk menjadi 10 finalis itu, ada tiga, di antaranya istilah kami itu golden ticket.Konsep ini sering dipakai di Miss World.Jadi,kalau mereka lolos sport competition, catwalk, dan talent show, mereka mendapat golden ticket ke 15 besar.Tapi, kalau di kami itu ada 10 besar. Jadi, tiga di antaranya itu yang performance-nya bagus pada saat kami mengadakan sport competition, kemudian juga talent show,”ungkap Eksekutif Produser RCTI Linda C Banowati yang ditemui Harian Seputar Indonesia usai konferensi pers Miss Indonesia 2011.
Sementara, 7 finalis lainnya, lanjut dia,dinilai seba-gaimana penilaian Miss Indonesia, seperti tinggi badan, kemahiran bahasa Inggrisnya, lalu kemampuan lebih dari mereka. Namun, tiga finalis lain, bisa saja secara tinggi tidak terlalu, tapi dia bagus dalam memainkan alat musik.Misal dia piawai dalam bermain biola atau piano, itu bisa jadi nilai lebih. Di malam puncak yang akan dihelat minggu ini akan didukung para artis papan atas seperti Ungu, J-rocks, Andien, Petra, Igo,Ferdi Hasan,Sandra Angelian,danIndibarens.Selain itu,Miss World 2010 Alexandra Mills juga turut hadir di malam puncak Miss Indonesia 2011.
Gold dan Marun
Sementara itu, persiapan malam puncak Miss Indonesia yang akan dihelat 4 hari lagi ini memang begitu banyak menyedot perhatian. Linda C Banowati yang ditemui Harian Seputar Indonesia mengatakan, sejauh ini konsep panggung yakni konsep modern dengan sentuhan tradisional. ”Jadi, kalau desain setnya itu pada tahun lalu pakai konsep etnik, sekarang lebih modern.
Sementara, nuansanya saya berharap bisa terakomodasi dengan baik, yaitu batik yang menjulur ke atas kiri dan kanan. Itu juga yang menjadi aksen panggungnya.Tapi looknya tetap bergaya modern,” ungkap Linda seraya menyebutkan, Julia Morley selaku Chairman of The Miss World Organization and International President of Variety akan hadir dalam malam puncak itu. ”Kami mencoba untuk tidak kaku, dan ketika mereka melihat Indonesia, di dalamnya ada keragaman budaya,” katanya. Gold dan marun adalah nuansanya.Jadi dekorasi di luar seperti red carpet itu nuansanya akan lebih kental ke nuansa gold dan marun.
Opening dan bumper grafisnya pun mengusung konsep warna serupa. Begitu pun dengan panggungnya. Akan ada ornamen dominasi warnanya ke arah tersebut. Sementara, persiapan untuk 33 finalisnya dilakukan dengan baik karena mereka akan menjadi pewakilan Indonesia. Karena itu,mutlak bagi mereka untuk berjalan di catwalk sebaik mungkin. ”Siapa pun yang masuk ke dalam 10 besar akan menggunakan busana dari Alur dan Ari Ibrahim.
Dan,kebetulan ukuran tinggi tubuhnya kurang lebih sama.Jadi,ketika fitting pun tidak dipaskan ke badan.Jadi,para perancangsudahmenyiapkan 4 sampai 5 orang untuk menanganisatufinalis,” kataLinda. ●raya simarmata

source :http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402331/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...