Arsip Blog

Selasa, 31 Mei 2011

Indonesia Berkesempatan Uji Coba Karateka

TEMPO Interaktif, Jakarta -- Karateka Indonesia kembali mendapat kesempatan beruji coba menjelang SEA Games XXVI, yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 11-22 November mendatang. Sebanyak 41 karateka akan diturunkan pada kejuaraan internasional Karate Indonesia Open di Tennis Indoor Senayan, pada 1-2 Juni besok.





Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (PB Forki) Hendardji Supandji menyatakan bahwa ajang tahunan ini juga sekaligus menjadi uji coba menjelang pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara, SEA Games XXVI. "Ini juga menjadi uji coba karateka nasional Indonesia," kata Hendardji Senin 30 Mei 2011.





Pada turnamen berhadiah total US$ 32 ribu (Rp 288 juta) itu, para karateka yang sudah menjalani pelatnas akan kembali diseleksi. "Kita lihat juga rekam jejak sebelumnya, termasuk uji coba di Ukraina sepuluh hari yang lalu," kata Hendardji.





Dari 41 atlet yang diikutsertakan, akan ada dua tim. Tim A yang terdiri atas 22 atlet yang menghuni skuad utama pelatnas sejak Mei 2010. Sedangkan Tim B sebanyak 19 atlet merupakan hasil kejuaraan nasional OSO Cup di Bekasi, Jawa Barat, Maret lalu.





Indonesia akan bersaing dengan 64 atlet dari sembilan negara lainnya. Tujuh di antaranya merupakan negara Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Myanmar, dan Timur Leste. Sedangkan sisanya adalah negara non-Asia Tenggara, yakni Australia dan Iran. "(Negara) Asia Tenggara yang absen Thailand, Kamboja, dan Laos," ujar Ketua Bidang Pertandingan Djafar Djantang.





Terdapat sembilan nomor yang dipertandingkan di kelompok putri dan sepuluh di kelompok putra. Indonesia Open, yang sudah memasuki tahun ketiga, akan menjadi pemanasan event yang lebih besar tahun depan.





Indonesia akan menjadi tuan rumah Liga Primer World Karate Federation (WKF) 2012. Sebanyak 80 dari 186 anggota WKF akan berpartisipasi pada ajang tersebut. "Masih ada event-event dunia yang akan digelar di Indonesia, termasuk Kejuaraan Dunia Karate 2014," kata Hendardji.





EZTHER LASTANIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...