Arsip Blog

Jumat, 27 Mei 2011

Siswa SMP Magelang Mewakili Indonesia di Kontes Robot

TEMPO Interaktif, Magelang - Tim robotic tingkat SMP dari Kota Magelang, Jawa Tengah, akan mewakili Indonesia dalam kontes robot di Istanbul Turki, pada 5 Juli 2011 mendatang.

Para siswa yang ikut dalam kontes bergengsi tersebut ada empat siswa dari kelas VII dan VIII SMPN 1 Magelang. Mereka adalah Wahyu Aryono Nugroho dan Odiaz Bumma yang meraih juara I Rescue A secondary 2 tim (usia 14-19 tahun). Gelar juara itu diraih dalam kompetisi Robot Imagine Ristek 2011 di Pusat Peragaan (PP) IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 18-22 Mei 2011 lalu.

Pemenang lainnya dari kelas VII SMPN 1 Magelang yakni Immanuel Andrew S dan Liwiriyon Sudarso yang meraih juara I di nomor Rule of Robocup Rescue A Primary (usia < 14 tahun) dalam kompetisi serupa.

Para juri kontes terdiri atas Laurenz Wohlfarth (Fischertechnik Jerman), Paulus Ari Yuono (Robotic Sains Club Magelang), Chanam Muklison (BSW Jakarta), Muliadi Ang (Universitas Maranata Bandung), dan Tjio Hok Hoo (Robotic Surabaya).

Para siswa itu nantinya akan menerima piala dan penghargaan yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Agustus 2011 di PP Iptek Serpong.

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Magelang Bidang Kesiswaan Tohirin mengatakan, pihak sekolah bersama tim RSCM akan melakukan persiapan jelang kompetisi di Turki. “Selain mental dan persiapan teknis, yang juga menjadi perhatian nantinya adalah bahasa Inggris untuk presentasi lebih lancar,” katanya, Kamis, 26 Mei 2011.

Dari pendekatan yang dilakukan, untuk kelas VIII yakni Wahyu Aryono Nugroho dan Odiaz Bumma dinilai sudah cukup baik dalam presentasi robotic lewat bahasa Inggris. Sementara untuk Immanuel dan Liwiriyon masih perlu beberapa latihan pematangan.

Tohirin menambahkan, pihak sekolah akan sangat mendukung persiapan dari para siswa. “Kami puas dengan hasil yang diperoleh para siswa. Ini semua berasal dari terdorongnya minat siswa di bidang robot, yang tersalurkan melalui wadah ekstrakurikuler sekolah,” kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...