Arsip Blog

Sabtu, 28 Mei 2011

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Sudirman

TEMPO Interaktif, Jakarta -Indonesia akhirnya lolos ke semifinal Piala Sudirman setelah menaklukkan Jepang 3-2 di Qingdao Sports Centre Conson Stadium, Jumat, 27 Mei 2011. Setelah melalui pertarungan luar biasa, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet akhirnya menang 21-19, 25-23, 21-14 atas Shintaro Ikeda/Reiko Shiota. Di babak semifinal nanti, Akan bertemu dengan Denmark, yang sudah lebih dulu menyingkirkan Taiwan 3-1.

Dulangan angka Indonesia lainnya didapatkan juga dari sektor ganda. Pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan meraih kemenangan pertama setelah mengalahkan Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto 21-17, 21-16. Poin berikutnya didapatkan pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang melumat Mami Naito/Shizuka Matsuo 21-17, 21-16.

Kelemahan Indonesia berada di sektor tunggal. Adriyanti Firdasari lebih dulu kalah dari Eriko Hinose 19-21, 21-17, 14-21 dan membuat Indonesia tertahan imbang 1-1. Menurut mantan pemain nasional, Susi Susanti, penampilan Firda pada pertandingan kali ini sudah sangat baik. "Sangat disayangkan memang saat Firda kalah di set pertama, padahal dia sudah bermain sangat bagus," katanya saat dihubungi Jumat (27/5).

Firda memang sudah sempat unggul 19-17 atas Eriko di game pertama tetapi justru kalah. "Dan permainan bagusnya baru diterapkan di game kedua, tetapi justru tidak berlanjut di game penentuan," kata Susi. Mantan manager tim Uber Cup 2008 menilai bahwa Firda tidak konsisten dalam menerapkan pola dan tempo permainannya. "Pada game ketiga Firda salah menerapkan strategi, seharusnya jangan bermain cepat," lanjutnya.

Pemain tunggal putra Simon Santoso juga tidak banyak membantu. Indonesia menjadi tertinggal 1-2 setelah Simon kalah dua game langsung 15-21, 9-21 dari Kenichi Tago. Susi sebenarnya sangat berharap Simon bisa mencerahkan harapan Indonesia untuk tetap mengamankan tempat di babak semifinal seperti sejak awal penyelenggaraan kejuaraan dunia beregu ini. "Karena memang untuk menghadapi Jepang, lebih besar peluang di sektor putra. Penentuannya kemudian di ganda campuran," katanya.

Partai semifinal lainnya akan menjadi partai pertemuan dua negara finalis tahun 2009 lalu. Negara juara bertahan, Cina, akan kembali bertemu dengan Korea Selatan. Cina lolos ke semifinal setelah melumat India 3-1. Satu angka dari India diperoleh oleh pemain tunggal putri Saina Nehwal yang memang cukup tangguh. Sementara itu, Korea Selatan menundukkan Malaysia 3-2. EZTHER LASTANIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...