Arsip Blog

Jumat, 27 Mei 2011

Australia Berkomitmen untuk Indonesia Hijau

JAKARTA - Komitmen Pemerintah Australia untuk membantu Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim dipamerkan di Jakarta hari ini. Melalui program pembangunan Australia (AusAID), di "Indonesia Climate Change Education Forum and Expo" yang diadakan di Jakarta Convention Centre hingga 29 Mei mendatang.

Jacqui De Lacy, pimpinan AusAID Indonesia mengatakan, Australia berkomitmen untuk bekerjasama dengan Indonesia untuk membantu mencapai tujuan perubahan iklim dan pembangunan. 
Komitmen ini termasuk bekerjasama dengan Indonesia untuk beradaptasi dan membangun ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

“Indonesia memiliki wilayah hutan ketiga terbesar di dunia tetapi juga salah satu negara yang memiliki tingkat deforestasi dan emisi gas rumah kaca tertinggi di dunia,” ujar De Lacy dalam keterangan pers Kedutaan Besar Australia yang dikirim kepada okezone, Jakarta (26/5/2011).

“Australia aktif berperan dalam upaya global untuk melindungi dan melestarikan hutan. Australia berkomitmen memberikan A$100 juta untuk mengurangi emisi gas rumah kaca untuk Indonesia,” tambah De Lacy.

Australia bekerjasama dengan Indonesia untuk melindungi hutan, memulihkan hutan yang terdegradasi dan mengembangkan mata pencarian alternatif bagi masyarakat pedesaan untuk mengurangi penggundulan hutan tidak terencana.

“Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim, dengan dampak yang dirasakan oleh petani yang menetap di dataran rendah. Perubahan pola iklim menyebabkan munculnya kekeringan dan banjir. Apabila tidak bertindak, situasi ini akan bertambah buruk untuk masyarakat Indonesia,” ujar De Lacy.

Di pameran, pengunjung akan diperlihatkan contoh tanah gambut, herbarium dan tanaman dari Kalimantan Tengah, dan anak-anak akan diajarkan tentang pentingnya perubahan iklim melalui berbagai permainan. 
(faj) 
 
source ; http://international.okezone.com/read/2011/05/26/411/461169/australia-berkomitmen-untuk-indonesia-hijau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...