Arsip Blog

Senin, 16 Mei 2011

Indonesia Peserta Terbaik Pameran Bungga di Kifissias

London (ANTARA) - Wali Kota Kifissias, Nikos Hiotakis, menyerahkan penghargaan kepada anjungan KBRI Athena yang mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik pameran bunga dan tanaman hias "The 57th Kifissia Flower Show 2011" yang digelar di Taman Kifissia, Minggu.

Dalam pameran bertema kelestarian hutan yang diikuti 100 produsen bunga dan tanaman dari Yunani itu, anjungan Indonesia menampilkan berbagai flora, budaya dan pariwisata Indonesia, ujar Sekretaris Dua Pensosbud KBRI Athena Widya Sinedu kepada ANTARA London, Senin.

Kegiatan tahunan untuk yang ke-57 kalinya yang diadakan Pemerintah Kota Kifissia itu, bertujuan mempromosikan lingkungan yang hijau, asri dan sehat serta membuka peluang bisnis di sektor tanaman dan bunga di Yunani.

Anjungan KBRI dihias dengan peta khusus penyebaran flora dan fauna dalam rangka memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai letak geografis, kekayaan flora dan fauna berbagai provinsi di Indonesia.

Untuk menarik pengunjung, KBRI menghias stand Indonesia dengan berbagai ornamen khas Nusantara antara lain keris, wayang, batik, dan angklung yang mendapat pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia nonbenda.

Selain itu ditampilkan miniatur Candi Borobudur, gamelan mini, burung jetayu yang menjadi ikon dalam stand pameran, serta kain tenun dan payung Bali menghiasi setiap pojok anjungan.

Dubes RI Ahmad Rusdi menilai keikutsertaan KBRI Athena kedua kalinya dimaksudkan untuk memperkenalkan kekayaan flora dan fauna Indonesia secara lebih luas kepada masyarakat Yunani serta meningkatkan animo pengusaha lokal mengimpor bunga dan tanaman asal Indonesia.

KBRI Athena membuka anjungan dan menghiasnya dengan tanaman bunga yang berasal dari dua produsen tanaman dan bunga di Athena, Yannis Grylis dan Giannis Dimitriou yang mengimpor tanaman dan bunga dari Malang dan mengembangbiakannya di Yunani.

Tanaman dan bunga Indonesia yang dipamerkan antara lain phalaenopsis amabilis, nepenthes sp, epindenroum, philodenron, dracaena marginatta, cordelyne glauca dan dendrobium.

Selain tanaman asli, berbagai poster bunga nasional antara lain jasminun sambac, rafflesia arnoldii, dan amorphophalus titanum serta buah-buahan seperti salak, belimbing, nangka dan manggis, juga melengkapi partisipasi Indonesia pada pameran tersebut.

KBRI menampilkan perabotan berupa kursi taman dan meja serta rak kayu sebagai produk ekspor Indonesia ke Yunani. KBRI juga memanfaatkan kesempatan dimaksud untuk promosi Indonesia sebagai tujuan wisata dunia khususnya eco-tourism termasuk memperkenalkan Pulau Komodo.

Dalam kaitan ini, KBRI membagikan berbagai brosur pariwisata dan menayangkan DVD serta musik Indonesia dan menyediakan fasilitas studying corner dilengkapi dengan berbagai koleksi buku bacaan yang menyampaikan informasi mengenai cara bepergian ke Indonesia, destinasi terbaik di berbagai provinsi serta seni membatik.

Pameran juga dimanfaatkan untuk menjajakan barang kerajinan khas Indonesia, termasuk batik cap dan tulis berupa selendang, syal, dan tas yang dikelola ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Athena yang banyak diminati pengunjung.

Partisipasi Indonesia pada pameran tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat dengan banyaknya pengunjung yang memadati anjungan KBRI dan membeli tanaman. Para pengunjung terkesan dengan isi stand Indonesia memadukan tanaman, ornamen tradisional dan poster yang menarik.

Diharapkan melalui kegiatan ini pengusaha lokal memiliki animo mengimpor bunga dan tanaman asal Indonesia. Selain itu juga animo masyarakat Yunani mengunjungi Indonesia yang memiliki beragam bunga dan tanaman menjadi semakin meningkat.

Keikutsertaan Indonesia mendapat liputan luas baik media cetak maupun elektronik, bahkan siswa sekolah Athena yang mengunjungi stand Indonesia mendapatkan informasi letak geografis, sistim pemerintahan, kemajuan berdemokrasi, kehidupan sosial dan budaya, kemajemukan masyarakat serta keindahan alam Nusantara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...