Arsip Blog

Sabtu, 14 Mei 2011

AS Sediakan Dana untuk Mutu Pendidikan Indonesia

Metrotvnews.com, Ambon: Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyediakan anggaran sebesar 165 juta dolar AS untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. "Salah satu fokus pemerintah kami adalah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kami menyediakan sedikitnya 165 juta dolar Amerika untuk hal tersebut," kata Konsul Jenderal AS untuk Indonesia Kristen Bauer usai memberikan kuliah umum di IAIN Ambon, Maluku, Kamis (12/5).

Ia menyatakan, anggaran pengembangan mutu pendidikan di Indonesia tersebut merupakan komitmen pemerintahnya terhadap kemajuan pendidikan Indonesia. Jumlah dana tersebut akan digunakan untuk pemberian beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di negeri Paman Sam, penguatan kemitraan antaruniversitas di Indonesia dan juga program pertukaran pelajar.

"Selain pemerintah kami, berbagai universitas di Amerika juga menyediakan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa di sini," katanya.

Menurut Bauer, selain dana pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa, pemerintahnya juga menyediakan sejumlah program peningkatan kualitas pendidik di tingkat SD hingga SMA di Indonesia, yakni guru-guru di tanah air akan dikirim untuk mengajar siswa-siswi di sekolah Amerika selama beberapa bulan, juga sebaliknya.

"Pendidik di Indonesia dan Amerika dapat saling bertukar informasi dan pengalaman melalui program pertukaran guru yang kami sediakan," katanya.

Ia mengatakan, banyak sekolah di Ambon yang ingin dikunjunginya, tetapi karena keterbatasan waktu, dirinya hanya bisa mengunjungi SMA Unggulan Siwalima dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Kedatangan Kristen Bauer di Ambon adalah untuk menawarkan program-program peningkatan mutu pendidikan yang disediakan oleh pemerintahnya dan menggelar kuliah umum di IAIN Ambon. "Saya ingin berkunjung ke berbagai sekolah dan universitas, untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai pendidikan dan pola hidup toleransi antarumat beragama," katanya.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...