Arsip Blog

Selasa, 07 Juni 2011

TNI Dapat Medali PBB di Kongo

SETELAH enam bulan lebih melaksanakan tugas sebagai pasukan Peacekeeper di wilayah Dungu-Kongo, prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-H/Monusco, pimpinan Dansatgas Letkol Czi Widiyanto mendapat Medali PBB.
Sebagai Inspektur Upacara pada penyematan Medali PBB tersebut adalah Force Commander Monusco Letjen Chender Prakhas (India), yang dilaksanakan di Bumi Cenderawasih Camp Dungu, Senin (6/6). Sebelum dimulai upacara, sudah menjadi tradisi dari Kontingen Indonesia untuk memperlihatkan budaya Indonesia di mata internasional yaitu dengan menyuguhkan tarian penyambutan khas Papua.
Letjen Prakhas dalam amanatnya menyampaikan rasa bangga karena dapat langsung menyematkan Medali PBB kepada Satgas Zeni Indonesia. Menurutnya, TNI secara berkesinambungan telah mengirimkan pasukan PBB nya sejak tahun 1956 di Mesir, yang dikenal dengan nama Kontingen Garuda serta sudah mempunyai upaya yang tinggi sebagai Peacekeeper di seluruh dunia.
Saat ini, ada 1795 Peacekeeper dari TNI yang tergabung dalam berbagai misi PBB. Kompi Zeni TNI yang sejak 18 Oktober 2010 ditempatkan di Republik Demokratik Kongo (DRC), telah memberikan kontribusi yang besar terhadap wilayah Dungu dan Ituri Brigade. Selama penugasan di Kongo, Kontingen Indonesia telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam melaksanakan tugas. Salah satu contohnya pembangunan jalan Dungu-Faradje sepanjang 147 km.
"Kontingen Indonesia bukan hanya membangun jalan dan jembatan antara Dungu-Faradje, tetapi juga telah membangun jembatan hati antara orang Kongo dan tentara PBB khususnya Monusco. Indonesian Engineering Company (IEC) juga dinilai telah berbuat ramah terhadap penduduk lokal dan komunitas loka," tegas Prakhas.
Lebih lanjut jenderal bintang tiga itu menyatakan bahwa Medali PBB adalah bukti nyata kontribusi IEC selama enam bulan di DRC, hal ini menjadi salah satu bagian dari kontribusi TNI dalam menciptakan perdamaian di wilayah DRC.
Pada kesempatan itu juga, kepada Kontingen negara lain, Letjen Prakhas menekankan agar dapat mengambil pelajaran dan contoh dari Kontingen Zeni Indonesia dalam kerja kerasnya kepada UN dan Monusco.
Di akhir acara Medal Parade, Jenderal Prakhas secara resmi memberikan surat penghargaan kepada Kontingen Zeni Indonesia atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan selama ini.
Hadir pada acara tersebut Komandan Ituri Brigade Brigjen Abul Kalam Azad (Bangladesh), Komandan Batalyon Maroko Dungu Kolonel Aarabi Mohamed, Komandan Guatemala Spesial Force Kolonel Julio Cesar Linares Mangana, Komandan FARDC Kolonel Bruno Mandefu dan Chief of Police Station Dungu Inspektur Wayiawaya Sindani. Hadir juga dari UN Staf, yaitu Oni Oladipo (FOM), Mafough Hydara (Log Ops), Joseph Neugwa (Engg Sec), Mr. Jocob Mogeni (HOO Dungu) dan Eris Osei (Security).
Authentikasi:
Perwira Penerangan Konga XX-H/Monusco, Lettu Inf Imam Mahmud.

source : http://www.mediaindonesia.com/citizen_read/1766

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...