Arsip Blog

Kamis, 09 Juni 2011

Indonesia Pegang Rekor Dunia Pemekaran Daerah Terbanyak

Bandung - Sejak desentralisasi daerah 1999 hingga 2009, di Indonesia terbentuk 205 daerah otonomi baru yang terdiri dari 7 provinsi 164 kabupaten dan 34 kota, sehingga saat ini di Indonesia ada 524 daerah otonom terdiri 33 provinsi, 398 kabupaten dan 93 kota. Penambahan daerah otonomi baru itu membuat Indonesia memegang rekor dunia sebagai negara pemekaran daerah terbanyak.

Hal itu disampaikan Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan saat membuka acara Diseminasi Desain Besar Penataan daerah atau Desertada di Indonesia pada 2010-2025 di Grand Hotel Aquila, Jalan Pasteur, Kamis (9/6/2011).

"Pemekaran kecamatan dan desa atau kelurahan yang tumbuh cepat dan pesat membuat Indonesia memegang rekor dunia pemekaran daerah terbanyak," ujarnya.

Jumlah daerah otonom akan terus bertambah, karena saat ini masih ada 186 daerah yang meminta untuk dimekarkan. "Bayangkan jika itu semua terjadi pemekaran, akan berapa banyak daerah di Indonesia ini," kata Djohermansyah.

Hal ini menurut dia berbanding terbalik dengan fenomena di negara-negara lain, di mana justru reunited. "Banyak negara yang justru digabung atau dimerger. Bahkan ada yang dibuat secara teritorial development atau community development sepertu masyarakat Uni Eropa atau ASEAN," tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan persepsi pemekaran daerah belum dipahami sepenuhnya oleh berbagai pihak, sehingga memunculkan tafsiran yang kurang pas dengan substansi penataan daerah sendiri.

"Makanya kami mengajak semua peserta mencermati seluruh substansi kebijakan daerah yang tertuang dalam Desertada ini," ujarnya dalam sambutan.

Dalam Desertada yang digelar selama sehari ini, hadir sekitar 200 peserta yang terdiri dari gubernur, DPRD provinsi, bupati dan walikota, serta DPRD kota dan kabupaten. Terlihat Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Jambi Fachrori Umar.

(ern/ern)

source : http://bandung.detik.com/read/2011/06/09/110459/1656516/486/indonesia-pegang-rekor-dunia-pemekaran-daerah-terbanyak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...