Arsip Blog

Selasa, 21 Juni 2011

75 Negara Asia Belajar Pengelolaan Air di Indonesia

Malang, (Analisa)
Sedikitnya 75 perwakilan negara-negara Asia yang tergabung dalam "Network of Asian River Basin Organization" (Narbo) melakukan pembelajaran pengelolaan sumber daya air (SDA) terpadu di Indonesia dengan menggelar pertemuan di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (20/6).
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang membuka kegiatan itu mengatakan, pertemuan bertujuan untuk mencari organisasi yang paling efisien dan efektif dalam mengelola daerah aliran sungai (DAS).
Ia menjelaskan, Indonesia dinilai oleh perwakilan negara-negara Asia patut menjadi contoh terbaik, sebab memiliki organisasi yang tertata rapi sekaligus didukung dengan regulasi dalam mengelola DAS.
"Kita sebelumnya menerapkan sistem proyek dalam pengelolaan DAS, namun kemudian dikembangkan secara profesional melalui balai dan perusahaan umum (Perum)," katanya.
Selain itu, pengelolaan DAS di Indonesia didukung dengan adanya undang-undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. "Sebagian negara di Asia, memang belum memiliki undang-undang seperti di Indonesia," katanya.
Untuk itu, diharapkan dalam pertemuan ini, para pemegang kebijakan di negera-negara Asia ini bisa saling berbagi pengalaman dalam hal menciptakan kepemimpinan organisasi dan pribadi yang efektif dalam melaksanakan pengelolaan DAS di negara masing-masing.
Sementara itu, Indonesia yang diwakili oleh Perum Jasa Tirta dalam pertemuan itu menunjukkan prinsip korporasi di Perum Jasa Tirta I dan Perum Jasa Tirta II.
Inspektur Jenderal Pekerjaan Umum, Basuki Hadimoeljono mengatakan, sejumlah negara di Asia diakuinya belum mampu mengelola air secara baik, sehingga perlu melihat pengelolaan air di Indonesia.
"Indonesia memang dipandang mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman sangat baik, meski masih terjadi banyak kekurangan," katanya. Sedangkan perwakilan negara-negara Asia yang hadir dalam kegiatan itu diantaranya Nepal, Bangladesh, India, Thailand, Piliphina, Malaysia, Kamboja, Laos serta Indonesia.
Pertemuan ini akan diselenggarakan hingga Jumat (24/6), dan akan dilanjutkan dengan menggelar "International seminar on corporate river basin organization in Asia" di Taman wisata Selorejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  (Ant)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...