Arsip Blog

Kamis, 16 Juni 2011

Pemerintah Klaim Tenun Indonesia Tidak Ada Saingan

Jakarta - Pemerintah yakin produk hasil buatan tangan yang berupa tenunan asli Indonesia tidak dapat dikalahkan oleh produk mana pun. Bahkan jika dibandingkan dengan produk tenunan dari negara China sekalipun.

Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengungkapkan produk Indonesia memiliki kekhasan dari segi keaslian dan disain.

"Saya pikir produk China tidak akan mengalahkan itu (produk tenunan dalam negeri). Dia (tenunan Indonesia) punya keunggulan disain dan orisinalitas," ujar Alex ketika ditemui detikFinance di sela-sela pameran Adiwastra Nusantara 2011 di JCC, Senayan, Rabu (15/6/2011).

Dijelaskan Alex, terdapat keunggulan lain dari produk hasil tenunan dalam negeri yakni murni dibuat menggunakan tangan tanpa bantuan mesin.

"Unggul karna tangan, bukan mesin yang bermain," tegasnya.

Walaupun begitu, Alex mengakui harga yang dihasilkan dari tenunan yang terbuat dengan menggunakan tangan tersebut akan sangat mahal. Oleh sebab itu, agar tetap mampu bersaing Alex menghimbau kepada para pengrajin untuk tetap mempertahankan keasliannya karena memang itu adalah nilai tambah yang bisa dijual.

"Pertahankan itu apa yang dilakukan, jangan dicetak-cetak dengan mesin. Biarkan tangan yang bermain. Di situ keunggulan komparatifnya," tegasnya.

"Mahal juga tidak apa-apa. Untuk orang-orang miskin yang punya otak yang bekerja ini (pengrajin kain tenun) bisa menikmati keuntungannya," imbuh Mantan Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil.

(ade/dru)

Follow twitter @detikFinance dan gabung komunitas detikcom di facebook

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...