Arsip Blog

Rabu, 15 Juni 2011

Muslim Indonesia telusuri Islam di Australia

Delegasi yang beranggotakan tiga tokoh muslim Indonesia bertolak ke Australia pada Minggu lalu untuk ambil bagian dalam program pertukaran bilateral guna memperkokoh pemahaman Islam dan isu-isu antaragama di kedua negara.
Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty menjelaskan kunjungan mereka untuk memperlihatkan kepada kelompok tersebut kemajemukan budaya yang luas muslim Australia, terdiri dari 70 latar belakang etnis yang berbeda termasuk dari Indonesia.
Islam adalah salah satu agama dengan pertumbuhan tercepat di Australia dan memberikan sumbangsih sangat besar pada keberhasilan Australia kontemporer dan multikultural.
Kontak muslim dengan Australia sudah berlangsung sebelum permukiman Australia dan berlangsung sejak abad ke-16 saat pedagang dan nelayan Makassar ber­bagi kehidupan mereka dengan penduduk asli di sepanjang Australia utara.
Selama program 2 pekan mereka di Australia (13-26 Juni) para peserta akan berkunjung ke Melbourne, Sydney, dan Canberra dan bertemu dengan pemimpin masyarakat dan agama, akademisi, serta perwakilan media.
Delegasi akan menelusuri keanekara­gaman masyarakat Australia, bagaimana pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat berkiprah dengan masyarakat, dan bertukar gagasan tentang masa depan hubung­an Australia-Indonesia. Mereka akan ­me­­ngadakan kunjungan singkat ke kota di pedalaman Victoria, Shepparton yang mempunyai sejarah panjang permukiman imigran di kawasan.
Ini adalah delegasi terakhir dari tiga kelompok dari Indonesia yang dijadwalkan berkunjung ke Australia di bawah program pertukaran muslim lembaga Australia-Indonesia pada 2011. Pada 16-29 Mei 2011 empat tokoh muda muslim Australia melakukan kunjungan balasan ke Indonesia untuk belajar secara langsung tentang masyarakat Indonesia yang majemuk, demokratis, dan toleran.
Sanchi Davis, Atase Pers Kedutaan Besar Australia, di Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...