Arsip Blog

Selasa, 14 Juni 2011

Indonesia Tampil di Texas Folklife Festival

JAKARTA, KOMPAS.com--Konsulat Jenderal RI di Houston menampilkan tiga tarian Indonesia dalam tiga hari perayaan ke-40 Texas Folklife Festival yang diselenggarakan di San Antonio, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 10-13 Juni 2011.
Acara yang diselenggarakan oleh Institute of Texan Culture itu bertempat di Kampus UTSA Hemis Fair Park, pusat kota San Antonio, Konsul Jenderal RI di Houston Al Busyra Basnur mengatakan dalam pernyataan pers, Senin.
Tarian Indonesia yang ditampilkan adalah Puspa Wresti, Legong Kraton dan Cendrawasih, dibawakan oleh Penari Sanggar Tari Nusantara binaan KJRI Houston, terdiri dari Ketut Sumarini, Jenni Gillepsi, Ruth Widowati, Gita Soke dan Emilia Yonge. Mereka tampil di tiga stage yang berbeda yang dibangun di komplek festival yang luas.
Texas Folklife Festival pertama kali diselenggarakan pada 7-10 September 1972 di HemisFair Park, San Antonio, atas inisiatif O.T. Baker.
Al Busyra Basnur mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia di dalam festival tersebut merupakan pertama kali sejak festival itu diselenggarakan hampir 40 tahun lalu.
Ia menambahkan bahwa memperkenalkan Indonesia melalui kegiatan seni dan budaya sangat efektif karena even seni budaya dihadiri lebih banyak kalangan dan unsur di dalam masyarakat AS. Festival Folklife di San Antonio dikunjungi oleh ratusan tibu orang.
Selain dari Indonesia dan AS, khususnya berbagai etnik grup seni budaya di Texas, 40 etnik grup dari sejumlah negara lain yang ada di Texas dan sekitarnya ikut tampil dalam festival tersebut.
Mereka antara lain berasal dari Filipina, Ukraina, Lebanon, Korea, Polandia, Turki, Jerman, Italia, Chilie, Puerto Rico, Scandinavia, Peru, Bulgaria, China dan India.
Jo Ann Andera, ketua penyelenggara festival mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan teman lama dan menciptakan banyak teman baru.
Ia mengharapkan agar masyarakat AS, khususnya warga San Antonio membuka mata terhadap keragaman budaya di dunia dan menjalin persahabatan dengan mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...