Arsip Blog

Sabtu, 18 Juni 2011

Richard Gere Akan Kunjungi Borobudur

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2008/03/14/195932p.jpg
JAKARTA, KOMPAS.com — Aktor Hollywood, Richard Gere, akan datang ke Indonesia. Rencananya, pada tanggal 26 Juni 2011 ia akan mengunjungi Candi Borobudur. Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar mengatakan hal tersebut dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (17/6/2011).
"Richard Gere nanti bisa berkunjung di sekitar Candi Borobudur, melihat budaya dan merasakan makanan khas di sana. Ini akan menjadi suatu pencitraan yang bagus. Sebagai aktor terkenal kelas dunia bisa hadir di Candi Borobudur. Kita harapkan ini bisa memacu aktor-aktor lain untuk bisa mengunjungi Candi Borobudur, Yogyakarta, dan kalau bisa ke Prambanan juga," kata Sapta.
Sapta juga berharap kunjungan itu dapat memberi inspirasi bagi Richard Gere untuk membuat film di Candi Borobudur.
Sementara itu, perwakilan dari Richard Gere menuturkan bahwa Richard Gere mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, Kemenbudpar, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Richard Gere menginginkan kunjungannya diterima oleh segala pihak, tidak memandang agama tertentu. Richard direncanakan akan datang bersama keluarga. Karena itu, ia ingin kunjungannya bersifat privat. Walaupun demikian, ia sadar posisinya sebagai selebriti dapat mendatangkan orang ke Candi Borobudur.
Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Purnomo Siswoprasetyo, memang ada persiapan khusus yang disiapkan untuk kedatangan Richard Gere.
"Dari kedatangan dia, tim kita koordinasikan dengan baik dari sisi pengamanan dan kami juga harap teman pers bisa kerja sama dengan baik. Juga saat tarian akan dioptimalkan lagi dengan persiapan lebih khusus," katanya.
Purnomo melanjutkan, pihak keamanan sudah bekerja sama dengan aparat setempat. Sementara itu, dukungan juga datang dari sponsor dan hotel.
"Kami memfasilitasi beberapa hal. Tapi kami juga ingin sektor swasta dan BUMN yang lebih maju. Untuk meyakinkan Richard Gere untuk datang itu gampang-gampang susah. Perlu waktu satu tahun untuk menego supaya dia mau datang," kata Sapta.
Menurut Sapta, dampak dari kunjungan Richard Gere pasti berhubungan dengan peningkatan kunjungan wisman ke Candi Borobudur.
"Dia tidak kami bayar sama sekali. Dia bilang, 'Boleh memakai saya saya, tapi selama uangnya dipakai untuk charity (penggalangan dana amal)'. Richard Gere datang sama sekali tidak ada fee-nya," kata Sapta.
Purnomo menjelaskan, Richard Gere dijadwalkan akan melihat matahari terbit di Candi Borobudur. Kemudian, tutur Purnomo, ia akan mempelajari relief Borobudur sehingga bisa sambil menyerap histori dan ajaran di balik Candi Borobudur.
Gere juga akan menyaksikan pementasan Mahakarya Borobudur. Selain itu, ia akan mengikuti Morning Peace Walk dan menanam pohon bodhi di taman Borobudur. Jadwal kunjungan lainnya adalan bertandang ke Candi Mendut, melakukan kunjungan sosial ke Desa Wisata Borobudur, dan jamuan makan malam bersama Sultan Hamengku Bowono X di Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...