Arsip Blog

Kamis, 16 Juni 2011

Undip Raih Peringkat 6 di Roboboat Competition

SEMARANG, KOMPAS.com - Setelah melalui perjuangan berat, Tim Roboboat Universitas Diponegoro Semarang, akhirnya berhasil meraih prestasi dalam ajang Roboboat Competition yang diselenggarakan Assosiation for Unamed Vehicle System International (AUVSI) Foundation and ONR's 4th International RoboBoat Competition di Virginia. Dalam ajang yang berlangsung tanggal 9-12 Juni 2011, Roboboat Undip menempati peringkat 6 sebagai The Best Design.
Kompetisi Roboboat ini adalah sebuah ajang perlombaan bagi mahasiswa dalam menunjukkan kemampuannya menciptakan robot yang bisa di jalankan secara otomatis didalam air dengan tingkat kesulitan yang tinggi perairan. Kegiatan ini diikuti 15 tim dari seluruh dunia antara lain adalah University of Rhode Island, University of Central Florida, Virginia Tech, University of Michigan, dan Nasional Cheng Kung University. Undip adalah satu-satunya peserta dari Indonesia dalam ajang tersebut.
Pemenang dalam kompetisi ini dimenangkan Universitas Rhode Island, disusul Juara 2 University of Central Florida, dan Sistem Georgia Tech Lab Aerospace (3), Virginia Tech (4), Stevens Institute (5) , Juara 6 Undip, Indonesia (6) dan Georgia Tech Savannah Robotika (7).
Selain mendapatkan prestasi tersebut tim yang terdiri dari Ahlan Z (Teknik Perkapalan), Mohamad Ansori (Teknik Perkapalan) Tri Bagus susilo (Teknik Elektro), Ogi Tridho Maroghi (Teknik Perkapalan), Fatih Khamdani (Teknik Mesin), Andi pratama (Teknik Perkapalan) dan Yudis (Teknik Mesin) , juga mendapat penghargaan tambahan dalam Inovation in Design and cost performance.
Dalam keterangan pers yang disampaikan Humas Undip Semarang, Kamis (16/6/2011), Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD menyampaikan selamat, apresiasi dan kebanggaan atas prestasi yang diraih mahasiswa Undip.
"Prestasi ini sangat membanggakan dan mengesankan, tidak tanggung-tanggung Undip mampu berprestasi tingkat internasional, sejajar dengan Universitas terbaik dunia lainnya" tuturnya.
Ia berharap, prestasi tersebut menginspirasi seluruh mahasiswa Undip dan juga mahasiswa Indonesia lainnya untuk terus berkreasi kreatif , sehingga menghasilkan inovasi spektakuler dan mengagumkan serta bermanfaat bagi masyarakat luas. Sudharto menambahkan saat ini, Undip dan Indonesia menunggu putra putra terbaiknya kembali ke Tanah Air.
Sementara itu, M. Ansori, salah satu anggota tim yang tidak sempat ikut ke Virginia, karena kesulitan mendapatkan visa, mengatakan, kompetisi robot yang lintasannya di darat berbeda dengan robot di air. Di air, robot memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.
"Perjuangan mengikuti final lomba ini cukup berat, mulai dari kesulitan pendanaan, kesulitan mendapatkan visa sampai penggunaan bahan bahan bekas yang dipakai untuk pembuatan Roboboat ini," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...