Arsip Blog

Selasa, 14 Juni 2011

FPTI Jateng Perkenalkan Mobile Wall Climbing

Semarang, CyberNews. Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)  memberikan apresiasi positif terhadap kinerja FPTI Jateng yang dinilai sukses  mempersiapkan kegiatan Kejurnas Panjat Tebing 2011.
Tak hanya mampu memenuhi  seluruh fasilitas pertandingan yang dipersyaratkan, FPTI Jateng juga dianggap sebagai pengprov yang paling inovatif dalam upaya memasyarakatkan kegiatan panjat tebing.
Hal tersebut disampaikan Wasekum PP FPTI, Imam Basuki Rahmat dalam acara jumpa pers sehari sebelum digelarnya kejurnas yang sekaligus menjadi babak kualifikasi Pra-PON XVIII/Riau, kemarin. Predikat pengprov paling inovatif layak diberikan  kepada FPTI Jateng karena sukses menciptakan mobile wall climbing.
Fasilitas tersebut kemarin turut dipamerkan di area kejuaraan. Sebuah papan panjat setinggi 8 meter tersebut berdiri di atas anhang yang bisa ditarik sehingga mudah dipindahkan. "Di luar negeri, mobile wall climbing ini barangkali sudah banyak diciptakan. Namun di Indonesia, media ini baru ada di Jawa Tengah," kata Imam.
Ketua Umum FPTI Jateng, Riza Kurniawan mengakui rencana menciptakan mobile wall climbing atau yang biasa disebut oleh para pengurus sebagai wall climbing on the truck telah ada sejak lama. "Kebetulan, pengerjaan fasilitas ini rampung mendekati pelaksanaan kejurnas," kata Riza.
Diikuti 302 Atlet
Dia berharap, keberadaan mobile wall climbing di area kejurnas bisa dimanfaatkan para peserta untuk mengusir kejenuhan. Seluruh peserta dipersilahkan untuk menjajal fasilitas tersebut, terutama bagi mereka yang sudah memastikan diri tersisih dari kompetisi.
Steering committee kejuaraan, Triyanto Budi Santoso mengatakan, babak kualifikasi Pra-PON kali ini diikuti oleh 302 atlet dan 44 ofisial dari 22 provinsi. Ada 14 nomor yang akan dipertandingkan, yaitu speed track perorangan putra/putri, speed track beregu putra/putri, speed record putra/putri serta speed track campuran.
Untuk kategori lead, hanya mempertandingkan dua nomor, yakni lead putra dan putri. Sementara kategori boulder (jalur pendek), total lima medali yang diperebutkan, yakni boulder perorangan putra/putri, boulder team putra/putri serta boulder campuran.
Menurut rencana, Rabu, (15/6) pagi, Gubernur Jateng akan membuka secara resmi kejurnas yang digelar hingga 21 Juni mendatang. Hari ini akan dilangsungkan pertandingan nomor boulder tim putra dan lead perorangan putri. Setiap harinya akan digelar upacara penyerahan piala (UPP). Di hari pertama ini, UPP diberikan untuk nomor boulder tim putra.
(Dian Chandra/CN26)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...