Arsip Blog

Kamis, 23 Juni 2011

Indonesia akan Miliki Jembatan Terpanjang di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sekretaris Departemen Pekerjaan Umum DPP Partai Demokrat, Bahrum Daido, mengatakan bahwa Indonesia akan memiliki jembatan terpanjang di dunia. Hal tersebut bisa menjadi kenyataan jika berhasil menyelesaikan pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) sepanjang 29 kilometer yang menghubungkan Provinsi Banten dan Provinsi Lampung.
http://static.republika.co.id/uploads/images/headline/jembatan-selat-sunda-akan-menjadi-jembatan-terpanjang-dunia-dengan-_110622164833-859.jpg
"JSS rencananya akan dibangun dalam bentuk jembatan bentang panjang atau jembatan gantung yang ditopang dua jembatan suspensi," kata Bahrum Daido pada seminar 'Studi Kasus: Jembatan Selat Sunda' yang diselenggarakan Departemen Pekerjaan Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP PD), di Jakarta, Rabu (22/6).
Jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini berada di Italia dengan panjang sekitar 5,5 kilometer. Tapi jika Pemerintah Indonesia berhasil membangun JSS, maka bentangan dalam bentuk jembatan gantung sepanjang 7,8 kilometer. Dari panjang keseluruhan Jembatan Selat Sunda (JSS) sepanjang 29 kilometer yang menghubungkan antara Provinsi Banten dan Provinsi Lampung, ada bentangan terpanjang dalam bentuk jembatan gantung.
"Bentangan atau jembatan gantung pada JSS ini lebih panjang dari pada jembatan gantung di Italia," katanya.
Mengenai lebar jembatan dan fasilitasnya, hal tersebut belum final karena masih ada sejumlah kajian dari pakar-pakar konstruksi. Salah satunya menyebutkan lebarnya sekitar 60 meter.
Dengan lebar tersebut, ruas jalan JSS dapat menampung empat lajur jalan raya serta dua lajur jalan kereta atau double track di tengahnya. Sementara, sisi paling kiri dan kanan dimanfaatkan untuk saluran pipa gas dan air minum. "Kalau hasil kajian ini digunakan, maka JSS akan menampung beban yang sangat berat," katanya.
Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...