Arsip Blog

Jumat, 03 Juni 2011

Indonesia Kalahkan Amerika

JAKARTA--MICOM: Survei GlobeScan dan BBC Extreme World Series menempatkan Indonesia sebagai negara tujuan terbaik bagi para pebisnis skala global dalam memulai usaha.

"Hasil survei ini menggembirakan sekaligus mengejutkan karena hasilnya menempatkan Amerika Serikat, Kanada, India dan Australia berada di bawah Indonesia," kata Direktur Deregulasi BKPM, Indra Darmawan, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (3/6).

Indra Darmawan menyebutkan sebagai negara yang menghargai inovasi dan kreatifitas, skor indeks Indonesia adalah 85 persen di atas Amerika dan Cina (75 persen), India (67 persen), dan Brazil (54 persen).

Survei yang bekerja sama dengan Program on International Policy Attitudes di University of Maryland ini melibatkan 24.000 responden di 24 negara meliputi Australia, Brasil, Kanada, China, Mesir, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Mexico, Nigeria, Pakistan, Rusia, Spanyol, Turki, Inggris , Amerika Serikat.

Parameter indeks didasarkan pada empat pertanyaan, yaitu penghargaan kreativitas/inovasi dalam berbisnis, kesulitan memulai usaha, penilaian atau penghargaan ketika orang mulai bisnis, dan kemudahan dalam mempraktekkan ide-ide bisnis.

Meski begitu, para responden di Indonesia (69 persen), Cina (76 persen), Filipina (76 persen), dan India (72 persen) mengatakan bahwa masih terdapat kendala dalam memulai usaha. Angka ini diatas rata-rata global 67 persen.

Jawaban para responden dihitung secara indeks rata-rata (skala 1 sampai 4) dan hasil nya Indonesia menempati urutan nomor satu (indeks 2,81 di atas rata-rata global 2,49).

"Ini mencerminkan persepsi di masyarakat bahwa iklim investasi Indonesia kini semakin kondusif, dan diharapkan semakin banyak masyarakat yang menjadi entrepreneur," tegas Indra. (Ant/rj/X-12)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...