Arsip Blog

Jumat, 03 Juni 2011

Bank Dunia Dukung Pembangunan Makassar

MAKASSAR,UPEKS--Bank Dunia yang merupakan lembaga keuangan global teleconference dengan sepuluh kota di Asia. Kegiatan itu terkait konsep pembangunan di masing–masing kota, serta mengkaji kemampuan setiap kota mengakselerasi proyeksi pembangunan yang dicanangkan.
Kota Makassar yang menjadi satu–satunya kota di Indonesia yang terlibat dalam teleconference sangat berkepentingan mendapatkan pembiayaan dari lembaga internasional.
Tujuannya, untuk mewujudkan sejumlah proyek pembangunan utamanya di kawasan pesisir pantai.
“Untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur serta masalah pemukiman di kota ini, setidaknya kita membutuhkan dana sekitar Rp2 triliun,' ujar Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin kepada wartawan usai teleconference sejumlah petinggi Bank Dunia, Kamis (2/6).
Dengan demikian, kata Ilham, dengan mengandalkan APBD tidak akan pernah cukup, untuk itu keterlibatan lembaga keuangan dunia sangat dibutuhkan,“ ujarnya.
Menurtnya, anjungan losari sengaja dipilih supaya para petinggi Bank Dunia bisa melihat suasana pantai yang menjadi salah satu ikon Makassar sebagai kota tepian pantai.
Selain Makassar, sejumlah kota di kawasan asia terlibat dalam pembicaraan jarak jauh itu. Termasuk, Vietnam, Philipina serta sejumlah kota lainnya. Sejumlah pejabat tinggi Bank dunia di Washington juga terlibat teleconference.
Peluang kota Makassar dalam memperoleh pembiayaan terlihat semakin besar menyusul adanya respon Bank Dunia yang mengutus Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia).
Tugasnya, menganalisa ap potensi aset dan laporan keuangan Pemkot Makassar untuk selanjutnya diterbitkan rating atau pemeringkatan Pemkot Makassar.
“Pefindo akan bekerja hingga September dan selanjutnya bank dunia akan menindak lanjuti berdasar hasil dari Pefindo,”ujar Ilham.
Beberapa proyek pengembangan yang dilakukan di kawasan pesisir pantai, seperti pengembangan pelabuhan nusantara dan pembangunan kampus PIP di keluraha Untia sebagai pusat pendidikan tenaga pelayaran terbesar di Asia.
Proyek lain, pembanguan energi centre, pembangunan pertamina dengan penampungan gas oleh Bosowa, pengembangan pelabuhan Makassar, penataan losari, hingga pembangunan kawasan olahraga di Barombong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...