Arsip Blog

Senin, 11 April 2011

RI jadi tuan rumah pertemuan Komite Asean

JAKARTA: Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Komite Asean untuk mewujudkan Deklarasi Asean tentang perlindungan dan dukungan terhadap hak pekerja migran.


Pertemuan Asean Committee on the Implementation of the Asean Declaration on the Protection and Promotion of the Rights of Migrant Workers (ACMW) ke-4 itu diselenggarakan mulai hari ini hingga 12 April besok di Jakarta.

Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muchtar Luthfi mengatakan pertemuan ACMW ke-4 ini dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta perwakilan/delegasi dari 10 negara Asean dan wakil dari sekretariat Asean.

ACMW merupakan Komite Asean yang dikhususkan menangani masalah perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran yang ada di sejumlah negara anggota Asean, seperti Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

“Persoalan pekerja migran di tingkat regional semakin kompleks. Melalui pelaksanaan pertemuan ACMW diharapkan perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran, khususnya di kawasan Asean, dapat terwujud secara optimal,“ ujarnya seusai membuka ACMW ke-4, hari ini.

Selain itu, negara Asean juga berkomitmen untuk bekerja sama dalam peningkatan instrumen Asean tentang perlindungan dan promosi hak pekerja migran, yang diwujudkan melalui penanganan bersama terhadap pekerja migran serta pelarangan pengiriman anak di bawah umur sebagai pekerja migran.

”Sebagai sesama negara Asean, kita pun berusaha membenahi sistem penempatan dan perlindungan pekerja migran dengan saling berbagi komitmen, informasi dan pengalaman dari beberapa negara yang menjadi sending countries, seperti Indonesia dan Filipina maupun receiving atau destination country, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei,” tuturnya. (er)


source : http://www.bisnis.com/ekonomi/jasa/19638-ri-jadi-tuan-rumah-pertemuan-komite-asean

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...