Arsip Blog

Senin, 11 April 2011

Indonesia Butuh SPN 3 Bulan

JAKARTA - Kenaikan rating utang Indonesia akan menarik minat investor. Untuk itu diperlukan adanya instrumen seperti Surat Perbendaharaan Negara (SPN) bertenor tiga bulan.

Dengan dinaikannya peringkat utang Indonesia dari BB menjadi BB+ oleh lembaga pemeringkat utang S&P maka aliran dana dari investor akan semakin bertambah, untuk itu diperlukan instrumen seperti SPN ttiga bulan guna menyerap hot money yang akan datang.

"Kebijakan tersebut (SPN) untuk menahan agar dana asing lebih lama di Indonesia," ungkap Pengamat ekonomi Tony Prasetiantono lewat pesan singkatnya di Jakarta.

Dia yakin jika investor asing masih berminat jika memang pemerintah menerbitkan SPN bertenor tiga bulan ini. "Apalagi barusan S&P menaikkan peringkat utang kita," tambahnya.

Seperti diketahui, lembaga pemeringkat Standard & Poor's Ratings Services menaikan peringkat utang Indonesia beserta utang jangka panjang berdenominasi mata uang asing menjadi BB+ dari sebelumnya BB.

Outlook dari peringkat tersebut adalah positif. Lembaga itu juga mengkonfirmasikan peringkat utang jangka pendek Indonesia berdenominasi mata uang asing di B.

"Peningkatan peringkat mencerminkan perbaikan terus menerus dalam neraca pemerintah dan likuiditas eksternal, dengan latar belakang kinerja ekonomi yang tangguh dan pengelolaan fiskal yang hati-hati," kata analis kredit Standard & Poor's Agost Benard seperti dikutip dari Reuters. (wdi)


source : http://economy.okezone.com/read/2011/04/11/278/444466/indonesia-butuh-spn-3-bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...