Arsip Blog

Minggu, 17 April 2011

China dan Malaysia Ikut Proyek Jembatan Sunda

Jika terealisasi, jembatan ini memiliki panjang 2,2 kilometer.

VIVAnews - Sejumlah investor dari tiga negara berminat untuk berinvestasi pada proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Jika terealisasi, jembatan ini memiliki panjang 2,2 kilometer dan menjadi terpanjang di dunia.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengatakan, investor tiga negara yang tertarik untuk berinvestasi itu berasal dari Korea, China, dan Malaysia.

"Saya tidak bisa menyebutkan namanya. Yang jelas dari Malaysia, China, dan waktu itu ada Korea," kata Joko di sela acara Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) 2011 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa, 12 April 2011.

Saat ini, proyek Jembatan Selat Sunda sedang menunggu keluarnya peraturan presiden. Setelah peraturan presiden terbit, maka proyek ini akan dapat segera dilaksanakan.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, menambahkan, Jembatan Selat Sunda merupakan proyek yang melibatkan berbagai sektor. Selain membangun infrastruktur berupa bangunan fisik, jembatan tersebut juga akan dikembangkan sebagai pusat industri, pariwisata, dan teknologi.

Bahkan, di tengah jembatan juga akan dibangun jalur kereta api, serta fasilitas seperti jaringan listrik, air baku, hingga telekomunikasi. "Kalau panjangnya saja lebih dari dua kilometer, tandanya terpanjang di dunia," kata Hermanto.

Beberapa kajian pun dilakukan dengan mendengarkan paparan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait pengolahan energi untuk memenuhi kebutuhan energi pada proyek tersebut.

Selain itu, pemerintah mendengarkan paparan dari pihak asing seperti perusahaan teknologi dari Jepang yaitu Akashika dan Incheon dari Korea mengenai teknologi yang bisa diaplikasikan untuk proyek itu.

Hermanto menambahkan, tim nasional proyek Jembatan Selat Sunda saat ini masih menyelesaikan studi kelayakan teknis pembangunannya. Tim mengkaji dari berbagai aspek seperti ketepatan lokasi, jarak dengan Gunung Krakatau, dan palung terdalamnya sedalam 140 kilometer. (SJ)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...