Arsip Blog

Rabu, 06 April 2011

Presiden Turki Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UI

DEPOK - Presiden Turki Abdullah Gul menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang Ilmu Politik dari Universitas Indonesia (UI). Penganugerahan doktor kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Rektor UI Gumilar Rosliwa Soemantri.

Acara yang dihelat di kampus UI, Rabu (6/4/2011) ini, disaksikan oleh Menteri Pendidikan Nasional M Nuh.

Rektor menyatakan, gelar doktor kehormatan ini diberikan UI kepada Presiden Turki Abdullah Gul atas kiprahnya dalam bidang politik dan demokrasi. "Presiden Abdullah adalah politikus berpengaruh dan penting baik di Turki maupun dunia. Kiprahnya telah dimulai sejak dia menjadi anggota partai politik dan parlemen Turki, serta berlanjut hingga dia menjadi presiden Turki Agustus 2007 silam," kata Rektor di Balai Sidang UI, Rabu (6/4/2011).

Mendiknas M Nuh menyatakan, pemberian gelar doktor honoris causa tersebut memberi makna bahwa hubungan Indonesia dengan Turki sangat baik. Salah satu kontribusi Turki dalam kerja sama pendidikan dengan Indonesia ditunjukkan dengan mendirikan sekolah-sekolah di berbagai daerah di Indonesia.

"Kerja sama tersbeut menunjukkan, pendidikan bisa dijadikan sebagai sarana diplomasi budaya antara masyarakat Turki dan Indonesia," ujar Mendiknas.

Presiden Turki Abdullah Gul merupakan lulusan Universitas Istanbul dalam bidang ekonomi. Kebijakan pemerintahannya menekankan pada pengembangan demokrasi dan kebebasan bergama.

Dalam resepsi penganugerahan gelar doktor honoris causa tersebut, Abdullah menyampaikan orasi ilmiah tentang demokrasi dan perkembangan politik di negara-negara Timur Tengah. Acara ini juga diwarnai dengan penggalangan dana secara tertutup yang hasilnya kemudian akan disalurkan sebagai beasiswa bagi para siswa sekolah Turki di Aceh. Kegiatan penggalangan dana tersebut berhasil mengumpulkan sekira USD300 ribu. (rfa)   (rhs)


source : http://kampus.okezone.com/read/2011/04/06/373/443014/presiden-turki-raih-gelar-doktor-honoris-causa-dari-ui

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...