Arsip Blog

Minggu, 17 April 2011

Indonesia Ketuai Komisi Kependudukan PBB

NEW YORK: Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York yakni Duta Besar Hasan Kleib terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Commission on Population and Development  (CPD) Sesi 45 dalam sidang CPD yang berlangsung sejak 11 - 15 April di New York.

Menurut keterangan Perwakilan Tetap RI untuk PBB, Hasan Kleib sebelumnya diajukan sebagai kandidat Ketua Komisi Kependudukan dan Pembangunan Sesi 45 itu oleh Kelompok Asia yang mewakili 54 negara di kawasan ini.

Dengan terpilihnya sebagai Ketua CPD, maka Hasan akan memimpin rangkaian pertemuan CPD hingga akhir 2012 yang mengusung agenda utama Adolescents and Youth.

Sesaat setelah disahkan sebagai Ketua CPD, Hasan Kleib menekankan bahwa Indonesia menaruh perhatian khusus pada isu-isu pembangunan dan kependudukan yang dibahas dalam forum-forum PBB.

"Forum CPD merupakan wahana bagi negara-negara berkembang dan economies in transition untuk memperoleh dukungan dalam kebijakan kependudukannya," ujar Hasan.

Agenda CPD 2012 yang dipusatkan pada kaum muda dianggapnya mencerminkan perhatian bersama negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dalam meningkatkan kapasitas kaum muda --kelompok terbesar dalam komposisi kependudukan.

Posisi sebagai Ketua CPD dinilai Hasan bernilai strategis bagi Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya.

"Dengan mengetuai CPD, peluang Indonesia semakin besar untuk memasukkan isu-isu yang menjadi kepentingannya, maupun negara berkembang lain dalam pembahasan tersebut," katanya.

CPD yang dibentuk pada 1964 oleh organ PBB yang mengurusi masalah ekonomi dan sosial, Ecosoc (Economic and Social Council), memiliki tugas utama menindaklanjuti program aksi yang diamanatkan International Conference on Population and Development (ICPD).

CPD juga berfungsi melakukan pengawasan, peninjauan dan evaluasi implementasi program dalam lingkup nasional, regional maupun internasional serta memberi masukan kepada Ecosoc.(er)



source : http://www.bisnis.com/umum/sosial/20365-indonesia-ketuai-komisi-kependudukan-pbb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...