Arsip Blog

Sabtu, 02 April 2011

Indonesia Andalkan Susanto Megaranto

JAKARTA -- Tuan rumah Indonesia menjagokan Grandmasters (GM) Susanto Megaranto untuk menjuarai turnamen catur Telin International 2011 yang berlangsung mulai Jumat, 1 April. Ini sekaligus menjadi ujian bagi pecatur terbaik Indonesia tersebut.
“Kalau dilihat dari segi elo rating, mestinya Susanto harus juara. Kita tidak pernah berpikir hanya masuk rangking lima dan seterusnya,” kata Ketua Harian PB Percasi, Utut Adianto.

Utut mengatakan ada enam pecatur asing bergelar Grandmasters yang bertarung dalam turnamen ini. Namun, itu tidak berarti mereka lebih kuat dari pecatur Indonesia.

Pecatur asing yang ambil bagian dalam turnamen ini adalah GM Eugene Torre (Filipina), GM Zhang Zhong (Singapura), GM Dao Thien Hai (Vietnam), GM Dibyendu Barua (India), GM Merab Gagunashvili (Georgia), GMW Anastasia Karlovich (Ukraina), dan MIW Saheli Dhar (India).

Permainan catur, kata mantan pecatur terbaik Indonesia itu, adalah pertarungan mental. Meski bergelar Grandmasters, tetapi ketika di pertandingan mentalnya jeblok, maka dia bisa saja kalah dari master di bawahnya.

Telin International Chess Tournament 2011 dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng di Gedung Grha Citra Caraka Telkom, kemarin.

Turut hadir dalam pembukaan antara lain Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo, Presiden Direktur PT Telkom Rinaldi Firmansyah, dan Presiden Direktur Telin, Ririek Adriansyah.

Mallarangeng mengatakan catur adalah salah satu cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa. Dia juga memuji cabang catur karena tidak pernah kisruh baik dalam pertandingan maupun dalam suksesi organisasi.

Turnamen catur ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak. Total hadiah uang tunai yang diperebutkan USD25 ribu. Juara akan mendapatkan hadiah USD5.000.

Pemanasan Pra PON

Dari 110 pecatur yang bertarung dalam turnamen itu, lima di antaranya berasal dari Sulsel. Mereka adalah Ichdar Damogalad, Ignasius, Arifin Rapi, Budiman HS, dan Irwan Mahdi. Semuanya bergelar Master Nasional.

Pelatih catur Sulsel H Ibrahim, mengatakan kelima pecatur itu disiapkan ke Pra PON di Gorontalo, Mei mendatang. Turnamen ini menjadi ajang untuk mengevaluasi kemampuan mereka menjelang kualifikasi PON.

“Ini turnamen internasional pertama yang mereka ikuti. Kami berharap kemampuan mereka makin terasah sehingga bisa lolos ke PON,” jelas Ibrahim di sela-sela pembukaan, kemarin. (sap)
 
source : http://www.fajar.co.id/read-20110401230635-indonesia-andalkan-susanto-megaranto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...