Arsip Blog

Minggu, 10 April 2011

KBRI di AS gelar kompetisi batik

JAKARTA: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amerika Serikat menggelar kompetisi batik desain khas Amerika untuk mempromosikan secara lebih luas produk budaya nasional itu di AS.
Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal mengatakan kompetisi desain batik ala Amerika itu diikuti oleh warga AS berusia 16 tahun ke atas yang terdiri dari kelangan pelajar, profesional, desainer, dan para pemerhati batik di negara tersebut.
“Siapa saja yang mempunyai ketertarikan pada desain tekstil. Kompetisi ini hanya mencakup desain motif batik, dan tidak termasuk proses pembuatan batik secara keseluruhan. Kompetisi ini berskala nasional atau se-Amerika Serikat dengan kategori desain batik yang mencerminkan ciri khas Amerika,” katanya dalam siaran persnya, hari ini.
Dia menambahkan kompetisi itu juga bertujuan untuk membawa batik sebagai produk budaya Indonesia masuk dalam kultur Amerika sehingga bisa mendorong batik sebagai produk yang mendunia.
“KBRI ingin meningkatkan apresiasi terhadap batik di Amerika Serikat dan mendorong akulturasi batik dalam kemajemukan budaya Amerika Serikat. Karena itu dipilih tema, the Spirit of America in the Heritage of Batik,” katanya.
Dalam hal ini, ungkapnya, semua Kantor Konsul RI di AS dilibatkan untuk mempromosikan batik, seperti KBRI Chicago, New York, Houston, Los Angeles, dan San Francisco. Dia mengatakan semua KBRI akan menggelar kompetisi untuk mendorong para desainer di AS untuk merancang batik bergaya Amerika.
Secara terpisah kegiatan itu diluncurkan masing-masing di Washington DC pada 8 April 2011, New York pada 20 April, San Francisco sekitar 29 April, dan Chicago pada 19 Mei. Dubes Dino sudah membuka pelaksanaan kompetisi itu untuk di Washington, D.C pada pekan ini.
Penitia kompetisi batik gaya Amerika itu mendatangkan juri dari panel yang berasal dari ahli dan pecinta batik di Indonesia dan AS, desainer fesyen, dan wakil-wakil dari desainer tekstil.
“Tenggat waktu batas pengumpulan desain batik untuk ikut kompetisi adalah 1 Agustus 2011. Pengumuman pemenang dilakukan di San Francisco, pada November, menjelang KTT APEC di Honolulu,” ungkap Dino. (mrp)


source :  http://www.bisnis.com/umum/sosial/19522-kbri-di-as-gelar-kompetisi-batik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...