Arsip Blog

Selasa, 12 April 2011

Indonesia sumbang 14.000 ton buat cadangan beras ASEAN

JAKARTA. Indonesia menyumbang 14.000 ton beras sebagai komitmen ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve (APTERR). Kontribusi ini sebagai langkah untuk menghadapi krisis pangan di negara ASEAN ditambah China, Jepang dan Korea Selatan.

Asal tahu saja, pada pertemuan ASEAN + 3 di Vientiane, Laos, pada akhir Februari lalu, sepakat membuat cadangan beras bersama. Masing-masing negara diminta menyiapkan cadangan beras.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, total cadangan beras itu mencapai 720.000 ton. Menurutnya, kontribusi terbesar ada di Jepang yang menyumbangkan sebanyak 220.000 ton. Setelah itu, China dan Korea Selatan yang sekitar 200.000 ton. "Mereka tiga negara yang paling besar," katanya, Senin (11/4).

Suswono mengatakan, realisasi kontribusi cadangan beras dilakukan setelah perjanjian APTERR diteken dalam pertemuan ASEAN Minister of Agriculture and Forest Tray (AMAF) pada Oktober mendatang. Menurutnya, perjanjian tersebut sebetulnya akan diteken pada pertemuan ASEAN+3 yang lalu. "Tapi Singapura minta penundaan. Sekarang kelihatannya sudah ada titik temu mudah-mudahanan pada AMAF berikutnya sudah bisa ditandatangani," katanya.
 
 
 
source : http://nasional.kontan.co.id/v2/read/Nasional/64585/Indonesia-sumbang-14.000-ton-buat-cadangan-beras-ASEAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...