Arsip Blog

Rabu, 20 Juli 2011

Tim UGM Mewakili Indonesia ke Jepang

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Bulan September mendatang, Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan mewakili Indonesia dalam kompetisi kendaraan formula kelas mahasiswa di Ogasayama Sports Park, Prefektur Shizuoka, Jepang. Ini adalah ajang kompetisi kendaraan formula pertama yang diikuti mahasiswa Indonesia.
Untuk menyiapkan kompetisi ini, Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang beranggotakan 16 mahasiswa sejak Januari 2011 mendesain sekaligus membuat sebuah mobil formula yang siap dilombakan. Lalu, terciptalah mobil formula bernama Bimasakti yang berkekuatan sekitar 20 tenaga kuda dengan mesin 322 cc.
Pembuatan Bimasakti sendiri melalui beberapa tahap, seperti perakitan kendaraan, pengujian, dan tahap analisis biaya pro- duksi. Total biaya produksi mobil Bimasakti mencapai Rp 140 juta.
Pada kompetisi ke-9 yang digelar Japan Society of Automotive Engineers (JSAE) tersebut, kendaraan akan menjalani penyesuaian spesifikasi dengan standar dan peraturan kompetisi. Beberapa hal yang akan dinilai dalam kompetisi adalah analisis biaya dan desain teknis, akselerasi, tingkat efisiensi, serta ketahanan kendaraan.
”Kendaraan Bimasakti telah kami rancang bisa melakukan manuver dan akselerasi cepat. Dari sisi keamanan, kami juga telah mengantisipasi di mana bemper mobil ini mampu menahan benturan dengan kekuatan 7.350 Joule. Kami juga melengkapinya dengan sabuk pengaman yang kuat,” kata Ketua Tim Bimasakti Akmal Irfan Majid, Selasa (19/7/2011), saat peluncuran Bimasakti di Gedung Purna Budaya, UGM, Yogyakarta.
Untuk bisa bersaing dalam kegiatan bertaraf internasional ini, Bimasakti harus resmi terdaftar di perwakilan Society of Automotive Engineers (SAE) di Indonesia serta Ikatan Ahli Teknologi Otomotif (IATO). Oleh karena itu, karya mahasiswa UGM fakultas teknik dan teknik industri itu telah terdaftar dalam SAE dan IATO.
Kompetisi mobil formula kelas mahasiswa di Jepang ini akan diikuti beberapa negara, seperti, Jepang, Australia, Thailand, Korea, China, India, Pakistan, dan Indonesia....
Selengkapnya, baca Harian Kompas, 20 Juli 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...