Arsip Blog

Senin, 04 Juli 2011

Orang Indonesia Makin Suka Makan Buah

JAKARTA--MICOM: Permintaan buah-buahan secara nasional dalam lima tahun terakhir diperkirakan mengalami pertumbuhan berkisar 12-15 persen per tahun.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Senin (4/7) mengatakan, pertumbuhan permintaan buah-buahan di dalam negeri tersebut seiring dengan naiknya tingkat konsumsi buah di masyarakat.

"Kenaikan pendapatan dan tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan merupakan pendorong peningkatan permintaan buah-buahan," katanya dalam obrolan santai gemari buah-buahan Indonesia yang digelar Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor.

Bayu menyatakan, pola konsumsi buah-buahan di dalam negeri yakni untuk konsumsi rumah tangga atau buah meja dan pemenuhan sehari-hari aspek kesehatan.

Buah yang dikonsumsi untuk buah meja tersebut, lanjutnya, berupa pisang, jeruk, apel, pepaya, salak dan pir.

Pangsa konsumsi buah untuk rumah tangga ini, menurut dia, mencapai 35-40 persen dari total konsumsi buah-buahan nasional.

Kemudian konsumsi hotel, restoran dan katering yang mencapai 20 persen dari konsumsi buah nasional umumnya meliputi pepaya, semangka, melon, nanas dan alpukat.

Sedangkan konsumsi buah untuk industri mencapai 30 persen antara lain pada industri jus, minuman dan lain-lain jenisnya seperti jeruk, apel, mangga dan jambu.

Konsumsi buah musiman atau eksotik yakni untuk acara atau musim tertentu hanya 10 persen.

"Konsumsi buah ini umumnya buah yang hanya ada secara musiman seperti mangga, durian, buah naga, sawo dan rambutan," katanya. (Ant/OL-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...