Arsip Blog

Selasa, 05 Juli 2011

Lawang Sewu Destinasi Baru Wisata

http://palembang.tribunnews.com/foto/berita/2011/7/5/Lawang_Sewu1.jpgGEDUNG Lawang Sewu yang akan diresmikan Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono, Selasa (5/7), menjadi pusat kerajinan Indonesia di Jateng. Bangunan yang sudah berusia satu abad ini, ke depannya juga akan menjadi obyek wisata.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero     Wacik, mengatakan usai dipugar cagar budaya ini harus mempunyai manfaat bagi kesejahteraan rakyat.

“Bangunan ini harus bermanfaat, selain manfaat kebangaan atas nilai sejarah yang tinggi,” ujarnya kepada wartawan, usai meninjau persiapan peresmian di Lawang Sewu, Senin (4/7).

Ia melanjutkan, selama ini sudah banyak turis yang datang ke Jateng dan masuk ke Semarang dengan menggunakan kapal pesiar. “Kami akan promosikan ke dunia Lawang Sewu sebagai destinasi baru,” jelasnya.

Di tempat serupa, Kepala Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan Bersejarah PT Kereta Api (Persero) Ella Ubaidi,  mengatakan pemilihan gedung Lawang Sewu sebagai pusat kriya (kerajinan) di Indonesia dan terutama di Jateng sangat tepat.

“Bangunan ini, pada saat pembangunannya sangat memperhatikan unsur kriya yang berdasarkan budaya Jawa dan perpaduan barat,” katanya.

Menurutnya, tiap sudut dan bagian Lawang Sewu merupakan hasil karya seni yang luar biasa indah.
“Arsitek gedung ini mampu mengalturasikan budaya Jawa dan Barat, seperti bentuk atap kubah yang diadopsi dari barat dikombinasikan dengan limasan khas Jawa,” jelasnya sembari menunjukkan atap gedung.

“Selain kubah masih banyak lagi, ornamen-ornamen di gedung ini yang memadukan kedua budaya. Kaca patri yang di pasang di atas tangga lobi, di mana terdapat gambar dewi Fortuna dan Venus yang menggambarkan cinta dan keberuntungan ditambah dengan lukisan yang menggambarkan kemakmuran tanah Jawa dengan segala tanaman dan hewan, dipadukan dengan motif batik,” paparnya.

Ani Bambang Yudhoyono dijadwalkan meresmikan purna pugar cagar budaya sekaligus pemanfaatan Gedung Lawang Sewu sebagai Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Ibu Negara juga membuka pameran kriya Nusantara yang juga digelar di gedung tersebut didampingi Ketua Umum Dekranas Herawati Boediono.

Pameran yang akan diadakan mulai hari ini, Selasa (5/7) sampai Sabtu (9/7) itu menggelar hasil-hasil kerajinan dan seni dari 33 provinsi di Indonesia serta 35 kabupaten dan kota di Jateng. Selain pameran, digelar juga pertunjukkan seni dan budaya serta pameran kuliner.

1.400 Personel
Sementara itu, aparat keamanan Jawa Tengah mempersiapkan 1.400 personel gabungan untuk mengamankan rencana peresmian purna pugar gedung Lawang Sewu, Selasa (5/7) oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono. Ribuan aparat tersebut, terdiri atas 800 personel TNI, dan 600 unsur Polri.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0733/Berdisi Sendiri Semarang Letkol (Infanteri) Ibnu Jawardi, mengatakan ribuan personel tersebut ditempatkan di tiga titik penting, di antaranya Lanud Achmad Yani, Wisma Perdamaian dan Gedung Lawang Sewu.

“Untuk pengamanan RI 1 dan 2 menjadi tanggung jawab TNI di ring satu, Polri membantu jika di luar itu, termasuk pengaturan lalu lintas,” katanya, saat ditemui Tribun Jogja, di Gedung Lawang Sewu, Senin (4/7). (ptt)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...