Arsip Blog

Senin, 04 Juli 2011

RI-Malaysia kerja sama permodalan koperasi

JAKARTA: Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan rancangan rencana kerja sama antara gerakan koperasi Indonesia dengan Malaysia cenderung pada peningkatan investasi atau permodalan.
Kecenderungan itu dipilih pada bidang permodalan karena secara kelembagaan maupun sumber daya alam, Indonesia dinilai sudah mapan. Sedangkan sisi kekurangannya adalah sumber pembiayaan atau kebutuhan permodalan.

"Oleh karena itu, konsep kerja sama yang kita rancang lebih pada sumber permodalan. Potensi kita dari sisi jumlah penduduk sangat besar, dan saya kira mereka sangat tertarik menanamkan investasi di gerakan koperasi nasional," ujar Sjarifuddin Hasan kepada wartawan hari ini.

Intinya, Indonesia merupakan peluang pasar bagi Malaysia untuk memperlkuat permodalan gerakan koperasi di Indonesia. Malaysia saat ini diketahui hanya memiliki sekitar 8.000 koperasi, jauh lebih kecil dengan jumlah koperasi nasional di atas angka 175.000.

Oleh karena itu, Menkop dan UKM optimistis kerja sama di bidang investasi tersebut akan menguntungkan Indonesia. Apalagi di Malaysia dikabarkan kelebihan likuiditas pembiayaan, sehingga peluang permodalan sangat diharapkan dari gerakan koperasi Malaysia.

Pasalnya, dengan skala kapasitas ekonomi yang jauh berbeda, Malaysia akan tertarik menjalin kerja sama di bidang permodalan. Bagaimana proses kerja sama itu, kata Menkop dan UKM, niat gerakan koperasi Malaysia melalui pejabat negaranya harus disambut.

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi, dan Kepenggunaan Malaysia, Dato' Sri Ismail Sabri bin Yakoob, pada 21 Juni berkunjung ke Kantor Kementerian Koperasi dan UKM untuk membicarakan rencana kerja sama tersebut.

Menurut Sjarifuddin, dalam kerja sama ini dia memang tidak berbicara tentang permodalan yang bersumber dari perbankan Malaysia, karena hal merupakan pasar ekonomi terbuka. Padahal, kepentingan gerakan koperasi dititikberatkan pada anggota.

Selain merencanakan kerja sama di bidang permodalan, Indonesia menginginkan dilengakpi dengan transfer pengalaman antar gerakan koperasi kedua negara.(ea)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...