Arsip Blog

Senin, 11 Juli 2011

12 Lagu Angklung Indonesia Siap Bergema di Yordania

BANDUNG- Sebanyak 12 lagu Indonesia hasil aransemen musik angklung akan bergema di Jordania. Tepatnya dalam ajang Indonesia Product & Cultural (IPC) Expo 2011 Aman- Yordania yang akan dihelat 13 – 16 Juli 2011.

Musisi Saung Angklung Udjo (SAU) Yayan Mulyana Udjo menjelaskan, karya kesenian angklung yang akan dipersembahkan di Yordania adalah konser mini angklung dengan 12 lagu.

"Konser mini ini akan membawakan 12 lagu yang terdiri dari lagu Indonesia dan daerah," jelas Yayan, yang juga putra keenam almarhum Udjo Ngalagena, pendiri SAU, melalui keterangan tertulisnya, Senin (11/7/2011).

Duabelas lagu Indonesia yang akan dibawakan itu antara lain Indonesia Tanah Airku, Medley Nusantara, Bengawan Solo, Manuk Dadali.

SAU juga membawakan lagu barat, di antaranya lagu Simfony, Donno Wallen, The Girl from Ipanema, dan lainnya. "Lagu-lagu Arab juga dibawakan di antaranya lagu berjudul Habibi, Mongtani, Al Hajar, dan lagu Ischmir," sebutnya.

Yayan menjanjikan, pihaknya akan menyuguhkan konser unik dengan mempersembahkan permainan angklung toel (sentuh). Angklung ini merupakan hasil inovasi SAU atau penemuan Yayan sendiri. "Memainkannya dengan cukup disentuh di bagian ujung angklung. Angklungnya sendiri dopisisikan terbalik, tidak seperti cara memainkan angklung seperti biasanya," jelasnya.

Dalam misi budaya di Jordania ini, SAU memberangkatkan 14 orang yang terdiri dari tujuh musisi, empat pemusik, dan tiga perwakilan manajemen SAU. "Keberangkatan ini sebagai upaya mempertahankan dan mengenalkan musik angklung sebagai warisan budaya dunia," pungkas Yayan yang juga sebagai Ketua Kontingen Tim SAU di Jordania.
(uky)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...