Arsip Blog

Minggu, 10 Juli 2011

Indonesia rajai kelas urban SEM Asia 2011

SEPANG: Tim Indonesia dari Institut Teknologi Surabaya dan Institut Teknologi Bandung merajai kompetisi kendaraan hemat energi Shell Eco-marathon Asia di Sepang, Malaysia, 6-9 Juli, untuk kategori kendaraan urban.

Tim Mesin ITS 4 meraih juara utama di kelas internal combustion dan Cikal ITB meraih juara utama di Urban Gasoline Award, kata Eko Hardianto, ketua tim Mesin ITS 4 di Sepang, Malaysia, hari ini.

"Senang sekali kerja keras kami membuahkan hasil. Mudah-mudahan ITS bisa tetap mengukir prestasi dan mempertahankan tradisi juara di SEM Asia," katanya.

Selain menyabet juara utama, Tim Mesin 4 yang mencatat jarak tempuh 150 km per liter menggunakan bahan bakar biodiesel (fatty acid methyl ester/FAME), juga menjadi pemenang Alternative Diesel Award (penghargaan bahan bakar diesel alternatif).

Tim Cikal ITB dengan 117 km per liter selain mendapat juara utama, juga meraih Silver Award untuk kategori Internal Combustion Urban.

Selain berjaya di kelas urban, tim Indonesia juga menyabet dua dari empat penghargaan yang diperebutkan di kategori On-Track (di luar arena sirkuit).

Tim Semar Proto Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi yang terbaik dalam bidang Technical Innovation (Inovasi Teknis), sementara tim Rakata dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih Communications Award.

SEM Asia 2011 diikuti 94 tim pelajar dari 12 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Pakistan, Vietnam, Iran, China, India, Brunei Darussalam, serta Taipei. Dari 94 tim tersebut hanya 38 tim yang berhasil menyelesaikan lomba.

Dalam ajang SEM Asia 2011, Indonesia diwakili oleh Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) .(er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...