Arsip Blog

Jumat, 03 Juni 2011

Karateka SEA Games Juara Indonesia Open

TEMPO Interaktif, Jakarta -Para karateka Indonesia yang dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games XXVI masih terlalu tangguh pada ajang Indonesia Open Karate Championship di Hall Tennis Indoor Senayan, yang berakhir Kamis 2 Juni 2011. Secara keseluruhan Indonesia meraih 16 emas, 12 perak, dan tujuh perunggu.

Emas terakhir dipersembahkan oleh tim kumite beregu putra. Umar Syarif, Hendro Salim, Donny Darmawan, Christo Mondolu, dan Imam Tauhid mengalahkan tim Malaysia 3-2 dengan selisih poin 4 angka dan berhak atas medali emas. Selain itu, tujuh medali emas lainnya juga diraih Indonesia pada penyelenggaraan hari terakhir ini.

Indonesia, yang terbagi atas tim Indonesia A dan Indonesia B memang mendominasi di seluruh nomor yang dipertandingan. Proses seleksi tim SEA Games XXVI tergambar dengan sangat jelas setelah perebutan gelar juara kerap terjadi antara atlet dari tim A dengan tim B. Hampir seluruh atlet dari kedua tim bertemu di babak final.

Umar Syarief yang masuk di tim Indonesia A mengalahkan Ferdian Brazamusty dari Indonesia B di final nomor kumite individu putra kelas +84 kg. Hal senada juga terjadi nomor kumite individu putri kelas -68 kg. Yolanda Asmuruf (A) menaklukkan Desfira Meitlyn (B). Begitu juga untuk nomor kumite individu putra kelas -75 kg dan kumite individu putra kelas -60 kg, serta kata beregu putra dan putri.

Indonesia B bisa menaklukkan Indonesia A di beberapa nomor seperti salah satunya nomor kumite individu putri kelas -55 kg, yang berlangsung pada Kamis (2/6), dimana Telly Melinda (B) mengalahkan Martinel Prihastuti (A). Sebelumnya, di nomor Kata Perorangan Putri Flenty Enoch (B) mengalahkan Yulianti Syafrudin (A).

Selain itu, Indonesia juga bisa menunjukkan dominasinya atas calon pesaing kuat di SEA Games nanti, yaitu Malaysia. Negeri Jiran ini hanya bisa mengoleksi tiga emas, enam perak, dan 10 perunggu sehingga peringkatnya berada tepat di bawah Indonesia.


Dengan hasil ini, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (PB Forki) sudah memiliki modal untuk memastikan siapa saja yang masuk dalam skuad inti SEA Games. Ketua Umum PB FORKI Hendardji Supandji menyatakan hasil itu akan dilihat bersamaan dengan evaluasi ujicoba sebelumnya. "Kita lihat juga rekam jejak sebelumnya, termasuk uji coba di Ukraina," katanya. EZTHER LASTANIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...