Arsip Blog

Selasa, 07 Juni 2011

Rokok Kretek Diusulkan Jadi Warisan Budaya Bangsa

SURABAYA- Forum Masyarakat Indutri Rokok Indonesia Jatim minta agar rokok kretek yang merupakan warisan budaya bangsa yang hanya ada dan diproduksi di Indonesia ini bisa segera dipatenkan.

Sekjen Forum Masyarakat Indutri Rokok Indonesia Jatim, Wahyu Hidayat, mengatakan rokok kretek ini adalah warisan leluhur bangsa. Dengan segera dipatenkan, maka diharapkan mampu meningkatkan geliat usaha rokok kretek yang kini masih banyak diproduksi dalam skala kecil (home industry).

Menurut Wahyu, jika rokok kretek bisa dipatenkan seperti batik yang diakui UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, maka dia berharap dunia juga mengakui kretek juga budaya Indonesia.

“Di luar negeri tidak ada produsen rokok kretek yang notabene diproduski secara manual, karena  yang ada hanya industri rokok filter yang menggunakan mesin. Kretek ini hanya ada di Indonesia,” ujarnya.

Menanggapi usulan tersebut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jatim, Samsul Arifien, mengatakan tujuan mematenkan rokok kretek itu cukup bagus. Namun, untuk melakukannya memerlukan banyak kesiapan yang dianggapnya cukup sulit untuk dilakukan. Salah satunya adalah konsumsi atau pengguna rokok kretek minimal sebanyak 75 persen dari total jumlah penduduk.

Salah satu syarat itu juga berlaku sama saat UNESCO menentukan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. Untuk bisa meningkatkan pengguna batik, saat itu Gubernur Jatim,  Soekarwo meminta PNS di Jatim menggunakan batik dua hari seminggu pada Kamis dan Jumat. Upaya itu kiranya dilakukan juga untuk mendukung batik agar lebih diakui dunia.

“Batik berbeda dengan rokok kretek. Jika batik, semua lapisan masyarakat tanpa membedakan usia bisa mengenakan batik, tapi untuk rokok kretek, apa bisa masyarakat kita harus mengkonsumsinya? Ini kan tidak semudah itu untuk mematenkan kendati memang rokok kretek adalah warisan budaya leluhur bangsa Indonesia,” katanya.
(uky)


source : http://travel.okezone.com/read/2011/06/07/407/465320/rokok-kretek-diusulkan-jadi-warisan-budaya-bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...