Arsip Blog

Rabu, 30 Maret 2011

Pasar Energi Indonesia Berpeluang Mendunia

JAKARTA - Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pasar energi terkemuka dengan sumber daya energi potensial yang melimpah.

Terutama untuk pembangkit listrik berbasis tenaga geothermal, tenaga air, tenaga air dengan kapasitas kecil, tenaga biomassa, tenaga angin, tenaga surya serta energi gelombang laut.

Hal ini disampaikan Country Director Forst & Sullivan Indonesia, Eugene van de Weerd, dalam acara "2011 Forst & Sullivan Indonesia Energi Outlook Briefing", di Hotel Intercontinental, Jakarta, Rabu (30/3/2011).

"Memasuki 2011, Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan di sektor energi. Di mana maksimalisasi energi baru dan terbarukan masih menemui hambatan dari segi harga pengembangan, permintaan pasar dan insentif yang menarik dari pemerintah," katanya.

Eugene menjelaskan, industri energi Indonesia dipengaruhi berbagai dinamika yang saling mempengaruhi, yaitu kenaikan harga minyak, berkurangnya produksi minyak nasional, dan banyaknya permintaan energi untuk kebutuhan industri nasional.

"Dengan kondisi tersebut, otomatis ikut mendorong berkembangnya industri energi baru dan terbarukan di Indonesia," jelasnya.

VP Asia Pasific, Energi & Power System Practice, Ravi Krishnaswamy, menambahkan, di Indonesia banyak potensi energi baru terbarukan yang belum diolah. Dengan potensial yang ada Indonesia, seharusnya bisa meningkatkan industri dalam negeri bahkan bersaing dengan negara-negara lain di dunia.(ade)


source :  http://economy.okezone.com/read/2011/03/30/320/440404/pasar-energi-indonesia-berpeluang-mendunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...