Arsip Blog

Kamis, 03 Maret 2011

Indonesia Dukung Timor Leste Masuk ASEAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, pemerintah Indonesia mendukung keanggotaan Timor Leste ke dalam ASEAN. Indonesia akan melakukan upaya diplomasi guna memastikan keanggotaan Timor Leste tersebut.
Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah seusai mendampingi Presiden menerima Menteri Luar Negeri Timor, Leste Zacarias Da Costa, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (3/3/2011). Pada pertemuan itu Menlu Costa menyampaikan aplikasi tertulis Timor Leste untuk dapat diterima menjadi bagian dari ASEAN kepada Presiden.
"Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia akan mencoba meyakinkan negara anggota ASEAN lainnya bahwa masuknya Timor Leste adalah suatu keniscayaan. Hanya masalah waktu, apalagi pranata infrastrukturnya sudah siap. Dengan demikian, apabila bisa direalisasikan dalam waktu cepat, tentunya itu satu hal yang sangat ideal," kata Faiza kepada para wartawan.
Yang dimaksud infrastruktur, kata Faiza, adalah pendirian sekretariat nasional ASEAN di negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia tersebut. Pada pertemuan tersebut, Presiden dan Menlu Costa juga membicarakan mengenai pertemuan bilateral antara Presiden Yudhoyono dan PM Xaxana Gusmao di Jakarta pada tanggal 22 Maret mendatang.
Menlu Costa juga dijadwalkan melakukan pertemuan tingkat bersama Menlu Marty Natalegawa pada hari ini dan Jumat (4/3/2011). Kedua Menlu akan membahas sejumlah hal, seperti materi pertemuan antara Yudhoyono-Gusmao dan juga isu-isu perbatasan.
Saat ini, ada tiga titik perbatasan yang memerlukan pembicaraan di antara kedua pemerintahan. Secara terpisah, Marty mengatakan, pemerintah optimis anggota ASEAN lainnya dapat menerima Timor Leste sebagai bagian dari komunitas ASEAN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...