Arsip Blog

Senin, 07 Maret 2011

30 Pejabat ASEAN Siapkan KTT-18 di Yogyakarta

TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA - Sekitar 30 pejabat perwakilan dari 10 negara ASEAN menggelar Joint Preparatory Meeting and Related Meetings di Yogyakarta mulai hari ini, Senin 7 Maret 2011 hingga Kamis 10 Maret 2011. Pertemuan ini terkait dengan persiapan KTT ke-18 ASEAN pada 7-8 Mei mendatang dimana Indonesia menjadi ketuanya.

Dirjen Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri, Djauhari Oratmangun mengatakan JPM ini dihadiri seluruh Senior Officials Meeting (SOM) leaders, Senior Economic Officials Meeting (SEOM) leaders dan Senior Officials’ Committee for the ASCC Council (SOCA).
" Juga melibatkan tiga pilar kementrian, yakni politik-keamanan, ekonomi dan sosial-budaya untuk membentuk Komunitas ASEAN pada 2015," kata Djauhari di Yogyakarta.
Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2011, lanjut Djauhari, akan membuat Indonesia menjadi tuan rumah lebih dari 100 pertemuan ASEAN baik pada tingkat Kepala Negara/Pemerintahan, Menteri, Senior Officials maupun Working Group.
"Dengan persiapan saat ini nantinya pelaksanaan KTT bias berjalan lancer dan para kepala negara bisa fokus pada persoalan substantif," kata dia.
Materi KTT dari ASEAN sendiri kali ini hingga selanjutnya mulai dikembangkan, tidak hanya berkutat pada masalah politik dan hubungan luar negeri. “Seperti yang juga relevan adalah soal perhatian pada masalah penanganan bencan. Selain itu juga persolan lingkungan dengan topic paling dsoroti saat ini seperti global warming," jelas dia.

Dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat untuk menyelenggarakan persiapan tersebut karena kota gudeg dinilai paling siap dan representatif. "Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya, pelajar sekaligus kota wisata. Dan ini sesuai tema kami,” kata Djauhari

Di sela pertemuan yang melibatkan 30 perwakilan dari 10 negara ASEAN ini akan dilaksanakan outreach programme berupa kegiatan penanaman pohon oleh para Senior Officials di Hotel Sheraton Yogyakarta (7/3) dan kuliah umum oleh SOM leader Indonesia, SOM leader Kamboja dan SOM leader Vietnam di Auditorium BRI Universitas Gadjah Mada (7/3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...