Rabu, 07 Desember 2011

Obama Puji Indonesia Atas Ratifikasi Larangan Uji Coba Nuklir

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memuji tindakan Indonesia dalam meratifikasi pelarangan uji nuklir. Obama menyebut langkah Indonesia itu sebagai langkah untuk memerangi penyebaran senjata nuklir.

"Saya mendesak semua negara untuk menandatangani dan meratifikasi perjanjian sehingga dapat berlaku secepat mungkin," kata Obama seperti diberitakan AFP, Rabu (7/12/2011).

Obama juga mengatakan, dirinya akan terus menekan Senat AS untuk dapat meratifikasi perjanjian tersebut untuk keamanan AS di masa depan.
"Amerika harus menjadi pemimpin global untuk mencegah proliferasi, mengadopsi dan sebagai pintu masuk berlakunya CTBT (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty)," kata Obama.

Senat US memblokir perjanjian internasional tersebut pada tahun 1999 dan hingga saat ini masih belum meratifikasi kembali perjanjian tersebut.

Para pendukung ratifikasi ini mengatakan, ratifikasi perjanjian AS ini akan mengirim sinyal penting ke seluruh dunia tentang pentingnya memeriksa proliferasi nuklir.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton juga memuji langkah Indonesia melakukan ratifikasi pelarangan uji nuklir.

"Amerika Serikat, yang telah mengamati moratorium pengujian ledakan nuklir sejak tahun 1992, berkomitmen untuk meratifikasi perjanjian pelarangan uji nuklir," kata Hillary.

"Amerika Serikat meminta semua pemerintah untuk menyatakan atau menegaskan kembali komitmen mereka untuk tidak melakukan tes nuklir, dan kami mendesak semua negara yang belum meratifikasi perjanjian untuk bergabung dengan kami dalam upaya ini," tandas istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu.


(fiq/ita)
http://www.detiknews.com/read/2011/12/07/151455/1785300/1148/obama-puji-indonesia-atas-ratifikasi-larangan-uji-coba-nuklir 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...