Rabu, 07 Desember 2011

Ekonomi Indonesia Berkembang Pesat

People's Daily: Berdasar data Biro Pusat Statistik Indonesia, pertumbuhan ekonomi RI meningkat 6 persen dalam tiga triwulan tahun ini. Wakil Gubernur Bank Sentral Indonesia Hartadi A Sarwono menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan terakhir tetap pada 6,5 persen. Ekonomi Indonesia tidak terpengaruh krisis moneter internasional, tetapi malah tetap mempertahankan peningkatan pesat, dan menekan inflasi dan pengangguran pada level rendah. Di saat ekonomi seluruh dunia lemah, pertumbuhan Indonesia yang pesat dan stabil terlihat sangat menonjol.
Faktor utama pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah pola ekonomi yang terbentuk dari potensi sumber daya alam dan konsumsi dalam negeri. Indonesia berdekatan dengan Selat Malaka---jalur pelayaran penting di seluruh dunia dan pelabuhan Singapura—pusat pelayaran global. Jumlah penduduk Indonesia 240 juta, adalah pasar yang besar dengan konsumsi yang kuat sehingga memberi vitalitas bagi pertumbuhan ekonomi. Situasi politik yang stabil dan struktur populasi yang muda juga adalah jaminan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
Faktor luar negeri juga memainkan peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Integrasi ASEAN meningkatkan keuntungan skala ekonomi Indonesia. Tingkat tarif rata-rata anggota lama ASEAN termasuk Indonesia menurun sampai 1,51 persen pada tahun 2003. Kerja sama antar negara-negara ASEAN tidak hanya menciptakan lingkungan kondusif, tetapi juga memperbesar ruang perkembangan Indonesia. Peningkatan kerja sama antara 10 negara ASEAN dengan Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, serta Selandia Baru juga memberi peluang baru kepada Indonesia. Selain itu, setelah krisis moneter global, modal dari seluruh dunia tertumpu pada pasar berkembang Asia, yang juga memberi peluang pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga menhadapi risiko. Pelemahan ekonomi dunia, konflik agama dan ancaman terorisme, korupsi dan tidak efektifnya reformasi mungkin akan mempengaruhi ekonomi Indonesia. Maka tantangan terbesar bagi Indonesia adalah bagaimana mempertahankan pertumbuhan ekonomi ini dalam lima sampai sepuluh tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...