Minggu, 04 Desember 2011

Ekspor Batik Indonesia Melampaui US$69 Juta

JAKARTA--MICOM: Konsumen batik di Indonesia hingga akhir 2010 mencapai 80 juta orang dan terus mengalami peningkatan pada 2011. Bahkan ekspor batik Indonesia menembus US$69 juta.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, di Batam, Minggu (4/11).

Selain itu, diakuinya batik oleh badan dunia turut berpengaruh terhadap peningkatan jumlah konsumen batik di luar negeri.

"Ekspor batik kita pada tahun lalu mencapai US$69 juta, dan tahun ini diperkirakan akan lebih melampaui angka itu. Meningkatnya pengguna Batik ini bukan berarti tidak ada tantangan karena kebanyakan masyarakat belum memahami mana batik asli," katanya.

Hanya saja, batik asli banyak sekali dijual dengan harga murah sehingga merugikan pembatik asli. Padahal yang disebut batik adalah proses pembuatannya yang selain bernilai seni, juga merupakan warisan budaya. Artinya, warisan budaya ini yang mahal harganya.

"Kalau raja-raja dulu untuk menentukan motif batik harus semedi dulu, mencari pentunjuk Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Berdasarkan data di Kementerian Perindustrian usaha mikro dan kecil batik saat ini sudah ada sekitar 55,573 perusahaan batik di Indonesia, dimana usaha menengah 321 perusahaan , dan usaha besar 18 perusahaan, serta menyerap 916,723 tenaga kerja saat ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknis, Balai Besar Kerajinan dan Batik , Departemen Perindustrian RI Handoyo mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan pengenalan batik ke seluruh pelosok tanah air.

"Setiap daerah memiliki ciri khas Batik. Oleh sebab itu, setiap tahun pihaknya juga melakukan 100 kali pelatihan guna membekali pembatik daerah. Pelatihan ini penting, karena menyangkut ruh batik itu, dan juga setiap pelatihan harus ada implementasi produksi, sekaligus pemasaran," katanya.(HK/X-12)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...