Selasa, 06 Desember 2011

KBRI Gelar Kongres Diaspora Indonesia di AS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com- Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal berinisiatif menggelar Kongres Diaspora Indonesia di Amerika Serikat. Kongres ini akan dihadiri ribuan orang Indonesia yang saat ini berada di Amerika Serikat.

“Tahun ini tercatat ada 150.000 orang Indonesia di Amerika Serikat. Mereka tersebar di berbagai kota, mulai dari Washington DC, New York, Boston, Houston, Chicago, Los Angeles sampai San Francisco,” kata Dubes Dino Patti Djalal saat menjamu pengusaha Aburizal Bakrie, yang juga Ketua Umum Partai Golkar, di Wisma Indonesia, Senin (5/12/2011) malam waktu Amerika atau Selasa (6/12/12) pagi WIB. Hadir sejumlah orang Indonesia yang ada di AS.

Menurut Dino, dari jumlah tersebut, 7.500 orang di antaranya berstatus mahasiswa. “Jumlah 7.500 itu turun separuh dibandingkan jumlah 20 tahun lalu yang tercatat hingga 15.000 orang. Pada umumnya mereka berasal dari keluarga menengah atas,” kata Dino, seperti dilaporkan wartawan Kompas Robert Adhi Ksp dari Washington DC.

Dino mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia di AS belum menjadi kekuatan sosial ekonomi. Dan juga belum ada restoran Indonesia yang up-scale di Amerika. “Saat ini masyarakat Indonesia masih terpecah-pecah. Permias misalnya, masih sendiri-sendiri di setiap kota. Belum ada Permias di seluruh Amerika,” ungkap Dino.

Ia membandingkan dengan masyarakat Filipina di AS yang jumlahnya 2 juta orang. “Sudah ada walikota berasal dari Filipina. Demikian juga orang India dan Vietnam, sangat kuat,” katanya.

Karena itulah, kata Dino, ia berinisiatif mengumpulkan orang Indonesia di Amerika dalam Kongres Diaspora Indonesia. Tujuannya, bagaimana menjadikan masyarakat Indonesia di Amerika kekuatan sosial ekonomi, yang bermanfaat bagi mereka sendiri dan juga bagi Tanah Air Indonesia.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

thanks for comment

Pencarian

Memuat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...